ALUTSISTA ARDAVA BERITA HANKAM CAKRA 401 SUBMARINE DEFENSE STUDIES INDO-DEFENSE INDONESIA DEFENSE INDONESIA TEKNOLOGI RINDAM V BRAWIJAYA THE INDO MILITER
Formil MIK Formil Kaskus Formil Detik.COM
PT.DI LAPAN LEN NUKLIR PAL PINDAD RADAR RANPUR ROKET RUDAL SATELIT SENJATA TANK/MBT UAV
TNI AD TNI AL TNI AU
HELIKOPTER KAPAL ANGKUT KAPAL INDUK KAPAL LATIH KAPAL PATROLI KAPAL PERANG KAPAL PERUSAK KAPAL SELAM PESAWAT TEMPUR PESAWAT ANGKUT PESAWAT BOMBER PESAWAT LATIH PESAWAT PATROLI PESAWAT TANKER
KOPASSUS PASUKAN PERDAMAIAN PERBATASAN
  • PERTAHANAN
  • POLRI POLISI MILITER
  • PBB
  • NATO BIN DMC TERORIS
    AMERIKA LATIN AMERIKA UTARA BRASIL USA VENEZUELA
    AFGANISTAN ETHIOPIA IRAN ISRAEL KAZAKHTAN KYRGYZTAN LEBANON LIBYA MESIR OMAN PALESTINA TIMUR TENGAH YAMAN
    ASEAN AUSTRALIA Bangladesh BRUNAI CHINA INDIA INDONESIA JEPANG KAMBOJA KORSEL KORUT
    MALAYSIA Selandia Baru PAKISTAN PAPUA NUGINI Filipina SINGAPURA SRI LANGKA TAIWAN TIMOR LESTE
    BELANDA BULGARIA INGGRIS ITALIA JERMAN ROMANIA RUSIA UKRAINA
    MIK News empty empty R.1 empty R.2 empty R.3 empty R.4

    Monday, April 11, 2011 | 2:09 PM | 0 Comments

    Lanud Palembang Layak Untuk Pangkalan Pesawat Tempur TNI AU

    Lanud Palembang.

    Palembang – Lanud Palembang dinilai layak untuk dijadikan pangkalan armada tenpur TNI AU dalam menjaga kedaulatan wilayah negara di udara. Hal itu mengingat fasilitas penunjang telah mencukupi.

    “Palembang sangat layak untuk dijadikan pangkalan armada untuk menjaga ibukota Jakarta,” ujar Danlanud Palembang, Letkol Pnb Rudi Iskandar kemarin (9/4) usai upacara peringatan HUT ke-65 TNI AU, kemarin (9/4).

    Saat ini untuk wilayah udara barat baru ada dua pangkalan terdekat yakni Pekanbaru dan Pontianak. Sementara Palembang sebenarnya cukup dekat dengan Jakarta sehingga pengamanan ibu kota dapat dilakukan secara optimal.

    Sementara ini Lanud Palembang masih berstatus Pangkalan AJU yakni pangkalan yang dijadikan tempat pesinggahan pesawat TNI AU yang sedang melaksanakan operasi militer. “Setiap minggu atau setiap bulan selalu ada pesawat yang singgah sebelum melanjutkan misinya. Minimal pesawat tersebut mengisi bahan bakar,” tambahnya.

    Beberapa pesawat yang rutin bersinggah di Lanud Palembang di antaranya Boeing 737 Partoli Maritim, Hercules, CN 235 dan sejumlah helikopter milik TNI AU. Namun saat ini kata Rudi, TNI AU sedang fokus terhadap peningkatan alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI AU. Seperti pengadaan rudal atau peluru kendali jarang sedang dan jarak menengah.

    Untuk itu ada beberapa hal yang perlu diantisipasi, diantaranya kesiapan TNI AU berikut sumberdayanya dalam menyambut modernisasi alutsista sesuai perencanaan strategis yang dibuat. Kedaulatan negara di udara sangat bergantung kemampuan TNI AU dalam menjaga wilayah udara dari pelanggaran hukum.

    “Lalu kondisi wilayah geografis Indonesia yang rawan bencana merupakan ancaman yang sulit diduga. Terkahir, masyarakat berharap agar TNI AU mampu menyajikan organisasi TNI yang bersih dan berwibawa,” jelas Rudi.

    Sementara itu, peringatan HUT TNI AU di Palembang berlangsung sederhana dan hanya diisi dengan apel dan pembacaan sambutan dari KSAU, Marsekal TNI Imam Sufaat yang dibacakan oleh Danlanud Palembang, Letkol Pnb Rudi Iskandar. Selanjutnya pemotongan tumpeng oleh Danlanud. Tapak hadir sejumlah pejabat daerah berikut pimpinan TNI dari berbagai angkatan dan dari Polresta Palembang.

    Sumber: Sumeks

    Berita Terkait:

    0 komentar:

    Post a Comment

     
    Copyright © 2010 - All right reserved | Template design by ADMIN | Published by MAJU INDONESIA KU
    Proudly powered by Blogger.com | Best view on mozilla, internet explore, google crome and opera.