ALUTSISTA ARDAVA BERITA HANKAM CAKRA 401 SUBMARINE DEFENSE STUDIES INDO-DEFENSE INDONESIA DEFENSE INDONESIA TEKNOLOGI RINDAM V BRAWIJAYA THE INDO MILITER
Formil MIK Formil Kaskus Formil Detik.COM
PT.DI LAPAN LEN NUKLIR PAL PINDAD RADAR RANPUR ROKET RUDAL SATELIT SENJATA TANK/MBT UAV
TNI AD TNI AL TNI AU
HELIKOPTER KAPAL ANGKUT KAPAL INDUK KAPAL LATIH KAPAL PATROLI KAPAL PERANG KAPAL PERUSAK KAPAL SELAM PESAWAT TEMPUR PESAWAT ANGKUT PESAWAT BOMBER PESAWAT LATIH PESAWAT PATROLI PESAWAT TANKER
KOPASSUS PASUKAN PERDAMAIAN PERBATASAN
  • PERTAHANAN
  • POLRI POLISI MILITER
  • PBB
  • NATO BIN DMC TERORIS
    AMERIKA LATIN AMERIKA UTARA BRASIL USA VENEZUELA
    AFGANISTAN ETHIOPIA IRAN ISRAEL KAZAKHTAN KYRGYZTAN LEBANON LIBYA MESIR OMAN PALESTINA TIMUR TENGAH YAMAN
    ASEAN AUSTRALIA Bangladesh BRUNAI CHINA INDIA INDONESIA JEPANG KAMBOJA KORSEL KORUT
    MALAYSIA Selandia Baru PAKISTAN PAPUA NUGINI Filipina SINGAPURA SRI LANGKA TAIWAN TIMOR LESTE
    BELANDA BULGARIA INGGRIS ITALIA JERMAN ROMANIA RUSIA UKRAINA
    MIK News empty empty R.1 empty R.2 empty R.3 empty R.4

    ATTENTION


    PERHATIAN

    "Bagi Sobat Readers ingin mempublikasikan kembali tulisan ini di website atau blog Sobat Readers, mohon cantumkan link aktif artikel yang bersangkutan termasuk semua link yang ada di dalam artikel tersebut Atau Silahkan Hubungi Admin Melalui Chat Box/Shout Box/E-mail yang tertera di bawah .

    ADMIN
    steven_andrianus_xxx@yahoo.co.id

    Kategori »

    INDONESIA (4795) TNI (1147) ALUTSISTA (984) TNI AL (721) TNI AU (694) Pesawat Tempur (684) USA (597) Industri Pertahanan (564) PERBATASAN (448) KOREA (400) Kerja Sama (400) RUSIA (382) Teknologi (315) TNI AD (306) Kapal Perang (281) Pesawat Angkut (276) Anggaran (249) PERTAHANAN (235) CHINA (232) MALAYSIA (226) Tank (218) DI (210) Kapal Selam (201) Rudal (165) Helikopter (159) Pindad (145) KORUT (140) ASEAN (127) POLRI (126) Kapal Angkut (119) DMC (114) AUSTRALIA (107) PAL (106) Kapal Patroli (99) EROPA (98) Senjata (94) Pesawat Latih (93) TIMTENG (93) UAV (87) Nuklir (84) Pasukan Perdamaian (84) Teroris (83) ISRAEL (81) Radar (75) Kopassus (74) SINGAPORE (74) INDIA (72) IRAN (71) Ranpur (70) Africa (69) Roket (67) JAPAN (60) INGGRIS (59) LAPAN (59) PBB (59) jerman (57) Pesawat Patroli (56) LEBANON (55) Satelit (54) kapal latih (47) PRANCIS (45) BELANDA (41) THAILAND (36) BRAZIL (35) Philippines (35) TAIWAN (35) TIMOR TIMUR (31) VIETNAM (29) Inteligen (27) NATO (25) BRUNEI (24) Korvet (22) LIBYA (22) PAKISTAN (22) PALESTINA (21) Amerika Latin (16) KAPAL INDUK (16) English News (15) PAPUA NUGINI (15) BIN (14) ITALIA (14) VENEZUELA (14) KAMBOJA (13) ASIA (12) AFGANISTAN (11) POLANDIA (11) PT. LEN (9) Pesawat Bomber (9) Frigates (8) UKRAINE (7) Amerika Utara (6) Kapal Perusak (6) Berita Foto (5) Georgia (5) UEA (5) YAMAN (5) EGIPT (4) New Zealand (4) Pesawat Tanker (4) SRI LANKA (4) BANGLADESH (3) BULGARIA (3) YUNANI (3) HAITI (2) KAZAKHTAN (2) Polisi Militer (2) ROMANIA (2) \ (1)

    Total Pageviews

    Berita Terpopuler

    Powered by Blogger.

    Saturday, February 19, 2011 | 5:10 PM | 0 Comments

    LAPAN Tetapkan Lokasi Peluncuran Roket di Enggano

    Pulau Enggano.

    Bengkulu (ANTARA News) - Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) menetapkan tiga titik lokasi paling cocok untuk peluncuran roket yaitu daerah Tanjung Komang, Kiyoyo dan Tanjung Laboho, Bengkulu.

    Penetapan lokasi itu atas persetujuan bersama Balai Penelitian Pengembangan, Bappeda, Badan Lingkungan Hidup, Dishubkominfo dan BKSDA Bengkulu, kata Kepala Balitbang Provinsi Bengkulu Winarkus, di Bengkulu, Jumat.

    Daerah tersebut dipilih karena jauh dari pemukiman penduduk dan dekat dari permukaan laut.

    "Lokasi disepakati berada pada ketinggian 20 meter dari permukaan air laut, sehingga lebih aman dan efektif bagi peluncuran," katanya.

    Lokasi tersebut semuanya berada jauh dari pemukiman warga, tepatnya di daerah Selatan pulau Sebalik atau berada di selatan Pulau Enggano. Pemukiman penduduk berada di utara Pulau Enggano.

    Namun, jalan menuju lokasi peluncuran roket itu belum didukung infrastruktur jalan dan listrik, meskipun lahan yang dibutuhkan cukup satu hektare ditambah lahan penyangga sebagai daerah pengaman sekitar 200 hektare.

    Lahan di Tanjung Laboho termasuk kawasan taman buru yang dilindungi sehingga Balai Konservasi Sumber daya alam (BKSDA) Provinsi Bengkulu perlu menerbitkan rekomendasi.

    Di dalam rekomendasi tersebut disebutkan bahwa jalur di dalam taman buru harus terlebih dulu mendapat persetujuan dari Menteri kehutanan dan DPR.

    "Semua perizinanannya kita serahkan kepada mereka, LAPAN juga berada di pusat," kata Winarkus.

    Sebelumnya Ketua Bappeda Provinsi Bengkulu Ir HM Nashsya mengatakan, lokasi itu tidak saja untuk satelit tapi juga untuk pengamanan wilayah Barat Pulau Sumatera.

    Winarkus mengatakan bahwa perakitan dan peluncuran roket akan dilakukan di Pulau Enggano. Selama ini perakitan dilakukan di Serpong Banten dan diluncurkan di Garut.

    "Kami bersyukur Pulau Enggano terpilih menjadi lokasi peluncuran roket karena banyak juga daerah lain yang menawarkan misalnya daerah Biak," katanya.

    Satelit yang diluncurkan di Pulau Enggano itu beratnya sekitar 3,8 ton dengan target ke orbit polar, namun belum diketahui ketinggian daya jelajahnya.

    Biaya pembangunan tempat peluncuran roket sudah disiapkan oleh LAPAN dan memerlukan dana sekitar Rp40 triliun dan saat ini baru tahap survei awal.

    "Hasil survei awal akan kita informasikan kepada mereka, nanti mereka akan melakukan pengkajian lebih mendetil, termasuk sosialiasi dengan masyarakat daerah itu," ujarnya.

    Kepala Tata Usaha BKSDA Provinsi Bengkulu Supartono mengatakan, tim dari instasninya akan turun ke lokasi Enggano untuk mengecek lokasi yang disepakati sebagai lahan peluncuran roket LAPAN.

    Sumber: ANTARA
    Readmore --> LAPAN Tetapkan Lokasi Peluncuran Roket di Enggano

    IDEX 2011 : Rusia Kirim Delegasi Ke Uni Emirat Arab

    IDEX 2011.

    MOSKWA, KOMPAS.com — Rusia mengirimkan delegasinya ke IDEX 2011, pameran pertahanan internasional di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, 20-24 Februari. Kementerian Pertahanan Rusia pada Jumat (18/2/2011) mengatakan, delegasi yang dipimpin oleh Wakil Pertama Menteri Pertahanan Vladimir Popovkin akan berada di Abu Dhabi sampai Senin (21/2/2011).

    "Pada 20 Februari, Popovkin akan menghadiri upacara khidmat pembukaan pameran dan memperkenalkan spesimen baru senjata serta perangkat keras militer," kata kementerian Rusia.

    Sebanyak 33 perusahaan industri pertahanan Rusia akan mengambil bagian dalam IDEX 2011, termasuk pengekspor senjata negara, Rosoboronexport, dan perusahaan negara Rusia Technologies. Menurut situs pameran, IDEX adalah pameran pertahanan dan acara keamanan terbesar di kawasan Timur Tengah serta Afrika Utara.

    Sumber: KOMPAS
    Readmore --> IDEX 2011 : Rusia Kirim Delegasi Ke Uni Emirat Arab

    Atraksi Sukhoi Memukau Warga Gorontalo

    GORONTALO, KOMPAS.com — Warga Provinsi Gorontalo dihibur atraksi pesawat tempur Sukhoi dan terjun payung pada Sabtu (19/2/2011) di lapangan Universitas Negeri Gorontalo, Kota Gorontalo. Acara tersebut dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun Ke-10 Provinsi Gorontalo. Ribuan warga memadatai lapangan sejak pukul 08.00 WITA untuk menyaksikan atraksi pesawat.

    Atraksi yang dimulai pukul 09.30 WITA tersebut diawali penerbangan rendah empat pesawat Sukhoi di udara Kota Gorontalo. Selain terbang rendah dengan kecepatan tinggi, keempat pesawat tempur tersebut unjuk kebolehan dengan aksi berputar di udara. Warga sangat antusias dengan kehadiran keempat pesawat tempur buatan Rusia itu.

    Setelah atraksi selesai, 30 penerjun payung dari kesatuan Pasukan Khas TNI Angkatan Udara diterjunkan dari pesawat Hercules C-130. Penerjunan dibagi menjadi tiga tahap yang masing-masing terdiri atas 10 penerjun. Ada yang membentuk formasi ular-ularan dan ada yang membawa enam bendera lambang lima kabupaten dan satu kota di Provinsi Gorontalo.

    Selain disaksikan ribuan warga yang memadati lapangan, jajaran pejabat Pemerintah Provinsi Gorontalo turut hadir.

    Sumber: KOMPAS
    Readmore --> Atraksi Sukhoi Memukau Warga Gorontalo

    Desas-Desus tentang Perbedaan Pendapat Dalam PLA Yang Sangat Dibesar-Besarkan



    Kedatangan Menteri Pertahanan AS Robert Gattes bersamaan dengan uji coba pesawat J 20 Cina:Murni karena kebetulan, Presiden Cina Hu Jintao menjelaskan.

    Tapi ucapan itu sulit dipercaya. Kecuali itu adalah benar benar kasus waktu yang sangat tidak tepat, keputusan Cina untuk menguji-terbang prototipe J-20 sedangkan waktu itu Gates berada Beijing pada bulan Januari yang merupakan suatu keanehan. Hal ini tampaknya seolah-olah seseorang di China menginginkan hubungan militer dan politik yang Gates bangun dan perbaiki tetap rusak.

    Namun, interpretasi keputusan provokatif China tampaknya berbeda beda.beberap episode kecurigaan itu, mungkin, yang memalukan bagi Hu, yang dipaksa untuk mengakui, ketika saat pertemuan Gates,menanyakan kebenaran tentang kabar tes penerbangan J 20 yang baru ia dengar.Pada akhirnya,menimbulkan pertanyaan tentang kewenangan Hu diatas militernya dan apakah People Liberation Army(PLA) menjadi berada di luar kendalinya, dengan konsekuensi yang berpotensi berbahaya bagi hubungan internasional.

    Hubungan antara sipil-militer dari negara China sejatinya, seperti begitu banyak hal lain yang sudah dilakukan PLA sebagai Gates sendiri berkata setelah insiden J-20. Yang jelas adalah bahwa Partai Komunis dan Tentara Pembebasan Rakyat adalah dua sisi mata uang pemerintah yang sama .

    Dalam kebanyakan kasus, ini merupakan perkembangan positif.pada waktu lampau pemimpin China dan mantan pendiri PLA,militer PLA digunakan sebagai alat subyektif untuk menghilangkan lawan politiknya atau menghancurkan perbedaan pendapat dalam internal pemerintahan.

    Sebaliknya sekarang, PLA modern adalah kekuatan yang lebih profesional yang terkonsentrasi, seperti tentara layaknya,dalam melakukan misi misi diluar negara. Bahkan sebagai Tentara Pembebasan Rakyat yang berkembang ke dalam salah satu militer paling kuat di dunia,benturan dengan rakyat terkadang menjadi masalah tersendiri.

    Readmore --> Desas-Desus tentang Perbedaan Pendapat Dalam PLA Yang Sangat Dibesar-Besarkan

    Kemhan Selenggarakan "Jakarta International Defence Dialogue"

    Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Pertahanan dan Universitas Pertahanan akan menyelenggarakan dialog pertahanan berskala internasional, Jakarta International Defence Dialogue (JIDD) pada 23-25 Maret, yang membahas masalah isu keamanan regional dan internasional.

    "Pertemuan ini akan melibatkan menteri pertahanan dan panglima dari beberapa negara," kata Menhan Purnomo Yusgiantoro usai melakukan rapat pembahasan dan sosialisasi kesiapan penyelenggaraan JIDD 2011, di Kantor Kemhan, Jakarta, Jumat.

    Menurut dia, dialog yang berlangsung hampir satu bulan lagi itu dijadwalkan akan menghadirkan 50 orang pembicara internasional yang diikuti sekitar 1.300 peserta yang berasal dari perwakilan delegasi dari luar negeri.

    "Karena jumlah pesertanya banyak, maka kami menyelenggarakannya di Jakarta Convention Centre (JCC). Sekitar 40 negara akan menghadiri dialog tersebut," katanya.

    Sejumlah menteri pertahanan juga direncanakan hadir menjadi pembicara dialog tersebut, antara lain Menhan Rusia, Korea Selatan, Turki dan Thailand.

    Dialog itu bertujuan mempertemukan para pemimpin, perwira militer, akademisi dan pembuat kebijakan dari seluruh wilayah Asia-Pasifik dan sekitarnya dalam rangka memperkuat harmonisasi prioritas keamanan dan strategi serta dialog dan keterlibatan antara pasukan pertahanan yang sangat penting bagi stabilitas masa depan wilayah Asia-Pasifik.

    "Inti tujuan ini adalah sebagai promosi kerja sama antarpemerintah untuk menghadapi berbagai ancaman dan permasalahan keamanan baik regional maupun internasional," kata Rektor Unhan, Syarifuddin Tippe kepada wartawan.

    Menurut dia, 40 negara yang akan menghadiri acara dialog internasional itu berasal dari negara di ASEAN , negara di Asia-Pasifik, negara di Eropa dan negara-negara Afrika dalam rangka meningkatkan stabilitas keamanan dan pertahanan di kawasan regional dan internasional.

    Syarifuddin mengatakan, ada tiga tema yang akan diusung dalam dialog internasional itu, yakni membangun kerja sama strategis dalam memperkuat stabilitas keamananan di kawasan internasional, peningkatan keterbukaan di kawasan internasional, baik dalam hal kerja sama maupun organisasi dan membentuk model strategis pertahanan keamanan.

    JIDD direncanakan akan dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono serta menghadirkan pembicara Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Brunei Darussalam Pangeran Mohammed Bolkiah.

    Selain itu hadir Perdana Menteri Timor-Leste Kay Rala Xanana Gusmao, Menteri Pertahanan Brazil Nelson Jobim, Menhan Malaysia Dato` Seri Ahmad Zahid Hamidi, Menteri Strategis Keamanan Internasional Inggris Gerald Howarth MP.

    Sumber: ANTARA NEWS
    Readmore --> Kemhan Selenggarakan "Jakarta International Defence Dialogue"

    Dokumen Militer Pertahanan Indonesia Dicuri Di Seoul

    Pesawat Latih T-50 GE.

    Seoul (MIK/WDN) Tiga pencuri masuk ke sebuah kamar hotel VIP dari tamu delegasi Indonesia di Seoul awal pekan ini, diduga untuk mencuri informasi rahasia tentang program-program kerjasama pertahanan antara Seoul dan Jakarta, seorang penyiar lokal melaporkan pada hari Jumat.

    Mengutip sumber-sumber dari Departemen Luar Negeri dan Perdagangan serta pejabat polisi, SBS melaporkan penyusup tersebut terdiri dari dua pria dan seorang wanita yang mempunyai wajah orang asia, file rahasia tersebut didownload dari laptop dari beberapa delegasi dari Indonesia melalui USB memory stick.

    “File-file yang berisi data rahasia pertahanan Indonesia, termasuk pembelian pesawat latih T-50 antara Indonesia dan Korsel” , katanya.

    Polisi menduga para pencuri bisa menjadi anggota agen senjata internasional atau mata-mata yang sangat profesional.

    Pemerintah Indonesia belum mengajukan keluhan apapun tentang insiden itu, menurut kementerian luar negeri.

    Puluhan pejabat pemerintah Indonesia yang dipimpin oleh Hatta Rajasa, Menteri Koordinator ekonomi yang tiba di Seoul pada hari Selasa merupakan utusan presiden Indonesia.

    Kunjungan tersebut diikuti perjanjian kerjasama ekonomi yang disepakati Presiden Lee Myung-bak dan Presiden Yudhoyono yang telah dicapai selama pertemuan puncak pada bulan Desember.

    Selama tiga hari mereka(degelasi Indonesia) tinggal di sini, para delegasi bertemu dengan pejabat Korea Selatan untuk membahas cara-cara meningkatkan hubungan ekonomi bilateral antara kedua negara.

    Sumber: KOREAN TIMES
    Readmore --> Dokumen Militer Pertahanan Indonesia Dicuri Di Seoul

    LOMBA PANCO DI LANUD SUPADIO



    LOMBA PANCO DI LANUD SUPADIO

    Sepintas kalau kita mendengar dan melihat lomba panco memang tidak menarik, tetapi lomba panco yang dilaksanakan oleh Lanud Supadio lain daripada yang lain, karena dilaksanakan dan dikemas secara menarik oleh panitia penyelenggara. Peserta lomba yang berasal dari tiap-tiap seksi, dinas, satuan di jajaran Lanud Supadio, Skadron Udara 1 dan Batalyon 465 Paskhas diwajibkan mengenakan kostum dan make up yang unik serta lucu sehingga bukan kekuatan otot dan tangan saja yang menjadi kekuatan utama melainkan unsur keunikan yang membuat lucu bagi penonton menjadi salah satu unsur yang menghibur anggota.

    Sebagian besar dari mereka memakai kostum sesuai dengan latar belakang profesi/tugas pokok di satuan antara lain : kostum/baju anti api (PK), kostum dokter bedah lengkap dengan masker, pendekar kapak 212 dengan mengendari motor kawal Satpomau, kostum adat Dayak dengan tamengnya, adat Madura, buto ijo, ala Gayus Tambunan lengkap dengan wig dan kacamatanya serta ada juga kostum tentara dengan aksesosis dan persenjataan lengkap baik pistol, senapan maupun granat tangan (mainan).

    Selain itu pembawa acara Mayor Tek Supraptono dan Serma Agus Iswandi dengan aksi lawakannya ikut menambah ramainya suasana di hanggar Lanud Supadio, Jum,at (18/2). Sehingga seluruh penonton dan peserta lomba terbawa suasana riang dan gembira.

    Dalam pertandingan itu diselingi dengan pertandingan exshibisi yakni Kadisops Lanud Supadio Letkol Pnb Tjahya Elang Migdiawan melawan Kadispers Mayor Adm Tonelson Siburian, S.Si yang dimenangkan oleh Kadisops. Dilanjutkan dengan beberapa pejabat di lingkungan Lanud Supadio, Skadron Udara 1 dan Batalyon 465 Paskhas.

    Perlombaan panco yang baru pertama dilaksanakan di Lanud Supadio ini dibagi menjadi tiga kelas yaitu : kelas Bombing yang dimenangkan Serda Asmudi (Yon 465 Paskhas), kelas Rocketing dimenangkan Serda Joko (Pomau) dan kelas Straping dimenangkan Pratu Edi (Yon 465 Paskhas).
    Readmore --> LOMBA PANCO DI LANUD SUPADIO

    LATIHAN SURVIVAL DEMI KELANGSUNGAN HIDUP




    Survival mempunyai arti kelasungan hidup, sedangkan Survivor mempunyai arti orang yang selamat. Kaitan dengan hal tersebut, Lanud Iswahjudi hingga saat ini terus mengadakan regenerasi penerbang tempur, oleh karena itu maka dasar-dasar survival bagi para penerbang harus dikuasai.

    Agar mampu menjadi Survivor, maka dari tahun ke tahun, Lanud Iswahjudi selalu mengadakan latihan Survival secara periodik, dengan medan dan materi latihan yang selalu berbeda, seperti halnya hari ini, Komandan Lanud Iswahjudi, Marsekal Pertama TNI Ismono Wijayanto membuka latihan Survival Dasar di lapangan Dirgantara, Jumat (18/2).

    Latihan survival yang melibatkan para penerbang tempur dan perwira teknik tersebut, jika di tahun lalu mngadakan latihan di sisi timur Gunung Lawu, saat ini latihan dilaksanakan di sisi barat lereng gunung Lawu, dan akan berlangsung selama tiga hari.

    Adapun materi latihan yang dilaksanakan dititikberatkan pada bagaimana bertahan hidup dengan segala keterbatasan, baik di darat maupun di perairan, manakala terjadi accident dengan pesawat, yang diakibatkan tertembak musuh dalam pertempuran maupun trouble machine.

    Pada kesempatan tersebut, Komandan Lanud Iswahjudi mengatakan bahwa latihan survival dasar merupakan wahana yang tepat, hal tersebut dimaksudkan untuk lebih mengenal dan memahami, cara-cara memanfaatkan potensi alam, guna mendukung kelangsungan hidupnya hingga datangnya pertolongan.

    ”Untuk itulah, maka para peserta diharapkan dapat mengembangkan dan meningkatkan pengetahuannya secara terus menerus, agar menjadi pribadi-pribadi yang survive dalam menghadapi setiap situasi dan keadaan, sehingga prajurit-prajurit Angkatan Udara yang berkualitas, profesional dan pantang menyerah dapat diwujudkan”,lanjur Danlanud.
    Readmore --> LATIHAN SURVIVAL DEMI KELANGSUNGAN HIDUP

    ASOPS DANKORMAR TUTUP LATMA SILENT IRON 11-1



    Asisten Operasi Komandan Korps Marinir Kolonel Marinir Edy Setiawan secara resmi menutup Latihan Bersama antara Detasemen Jalamangkara (Denjaka) Korps Marinir TNI-AL dan US Navy Seals di Lapangan tembak “Karno” Brigif-2 Mar, Cilandak, Jakarta Selatan, Jumat (18/2)

    Kegiatan latihan bersama (Latma) dengan sandi “SILENT IRON 11-1 TA. 2011” yang dilaksanakan mulai tanggal 31 Januari hingga 18 Februari 2011 tersebut, melibatkan 72 personel Denjaka dan 16 personel US Navy Seals. Latihan yang digelar di kepulauan seribu meliputi beberapa materi latihan beraspek darat, laut dan udara dengan berbagai macam dinamika di tiap-tiap aspeknya.

    Latma yang diselenggarakan bertujuan untuk mempererat persahabatan dan memperkokoh hubungan baik antara Korps Marinir TNI-AL dan US Navy Seals, serta secara khusus meningkatkan kemampuan dan profesionalisme personel yang terlibat latihan ini baik taktik maupun teknik penanganan aksi-aksi terorisme.

    Dalam amanat Asisten Operasi Komandan Korps Marinir Kolonel Marinir Edy Setiawan, mengatakan bahwa latihan bersama merupakan sesuatu yang membanggakan, dimana latihan bersama antara kedua negara dapat terlaksana dengan aman dan lancar serta seluruh materi yang disusun dapat terlaksana dengan baik, sehingga dengan selesainya latihan ini banyak pengalaman-pengalaman baru yang didapat baik oleh pihak US Navy Seals maupun Denjaka, pengalaman tersebut hendaknya dapat dijadikan sebagai modal dalam menunjang pelaksanaan tugas pokok di satuan masing-masing khususnya dalam rangka counter terrorism, tegasnya.

    Di akhir amanatnya, ada beberapa hal yang disampaikan Asops Dankormar, yaitu pertama, Asah terus kemampuan dan ketrampilan kalian sebagai prajurit satuan khusus, kedua, jangan pernah berhenti untuk selalu berlatih dan meningkatkan diri, ketiga, jalin terus komunikasi dan kerjasama antara Denjaka dengan Us Navy Seals.
    Readmore --> ASOPS DANKORMAR TUTUP LATMA SILENT IRON 11-1

    DUA JABATAN ASISTEN DANPASMAR-1 DISERAHTERIMAKAN



    Komandan Pasmar-1 Brigadir Jenderal TNI (Mar) A. Faridz Washington memimpin Serah terima jabatan Asisten Logistik (Aslog) dan Asisten Personel (Aspers) dalam upacara resmi di ruang rapat Mako Pasmar-1 Jl. A. Yani No. 1A Gedangan Sidoarjo, Jum’at (18/02).

    Kolonel Marinir Rasman yang akan menjabat Komandan Resimen Artileri-2 Marinir Jakarta menyerahkan jabatan Asisten Logistik (Aslog) kepada Letkol Marinir Listiyarto yang sebelumnya menjabat Kadepmat Kodikmar sedangkan jabatan Asisten Personel (Aspers) diserahkan dari Letkol Marinir M. Hari yang akan menjabat Komandan Resimen Bantuan Tempur-1 Marinir kepada Letkol Marinir Daru Sukendar yang sebelumnya menjabat Pasops Lanmar Surabaya.

    Dalam amanatnya, orang nomor satu dijajaran Pasmar-1 itu mengatakan, serah terima jabatan merupakan suatu dinamisasi organisasi dalam rangka kaderisasi dan melahirkan kader-kader baru serta gagasan-gagasan baru. Jabatan Aslog dan Aspers Danpasmar-1 merupakan jabatan strategis di jajaran Pasmar-1, mengingat peran para Asisten dalam melaksanakan fungsinya dalam membantu Komandan dalam merumuskan kebijakan baik di bidang personalia maupun logistik. Oleh karena itu tidak berlebihan pada kesempatan ini saya ucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Kolonel Marinir Rasman dan Letkol Marinir M. Hari atas loyalitas, dedikasi dan prestasi yang saudara tunjukkan selama menjabat sebagai Asisten Logistik dan Asisten Personel,” tegas Danpasmar-1”.

    Lebih lanjut, Komandan Pasmar-1 mengucapkan selamat kepada Letkol Marinir Daru Sukendar dan Letkol Marinir Listiyarto atas jabatan baru yang di percayakan pemimpin kepada saudara, saya percaya dan yakin dengan latar penugasan saudara yang lalu bahwa saudara akan dapat melaksanakan tugas tersebut. “ Bekerjalah secara koordinatif, bekerjalah secara komunikatif, bekerjalah secara responsive dan antisipative sehingga rumusan kebijakan yang anda sarankan ke Komandan menjadi kebijakan yang bermanfaat bagi pembinaan Pasmar-1”, Tegasnya.

    Acara serah terima jabatan ini dihadiri oleh Komandan Kolak Pasmar-1, para Asisten Danpasmar-1 dan para pejabat teras Pasmar-1.
    Readmore --> DUA JABATAN ASISTEN DANPASMAR-1 DISERAHTERIMAKAN

    Friday, February 18, 2011 | 9:31 PM | 0 Comments

    Pangarmabar Resmikan Lapangan Tembak Lanal Batam



    BATAM (Pos Kota) – Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI Hari Bowo M.Sc meresmikan Lapangan Tembak Cakra Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Batam, Jumat (18/02) di Batam.

    Upacara peresmian lapangan tembak ini merupakan simbolis formal dibukanya penggunaan sarana latihan menembak bagi prajurit TNI AL dilingkungan wilayah kerja Lanal Batam.

    Lapangan tembak yang diberi nama Cakra ini memiliki luas 2.600 meter persegi dengan jumlah jalur tembak sebanyak 10 buah, merupakan salah satu solusi untuk mempertahankan dan meningkatkan kemampuan persponel di bidang menembak. Sementara itu, pemberian nama “Cakra” memiliki makna filosofi yaitu Pusaran Energi atau Pusat Energi dan Kehidupan.

    Dalam sambutannya, Pangarmabar mengutarakan Pembangunan lapangan tembak cakra merupakan salah satu upaya TNI Angkatan Laut untuk menciptakan fasilitas dan sarana tempat latihan mengasah keterampilan menembak perorangan bagi prajurit TNI AL yang memadai dan represerntatif, sehingga dapat menumbuhkan rasa bangga dan mencetak prajurit yang handal dan memiliki naluri tempur yang tinggi.

    Selain itu lapangan tembak Cakra juga dapat digunakan sebagai sarana latihan bagi pembinaan para atlit menembak khususnya di wilayah Kepulauan Riau sehingga mampu melahirkan atlit-atlit professional yang akhirnya dapat mengharumkan nama bangsa dan Negara Indonesia.

    Mengingat pentingnya sarana latihan ini, Pangarmabar memberi pesan kepada Komandan Lanal Batam selaku penanggung jawab operasional lapangan tembak Cakra, untuk merawat dan menjaga dengan sebaik-baiknya sarana dan fasilitas latihan ini, sehingga betul-betul akan memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi kepentingan TNI Angkatan Laut.

    Peresmian lapangan tembak ini dihadiri oleh Pangkolinlamil, Danguskamlabar, Para Komandan Lantamal Wilayah Barat, Walikota Batam, Ketua Otorita Batam dan Muspida Kota Batam, Ketua dan Pengurus Perbankin Kepulauan Riau dan Kota Batam.

    Kepala Dispenarmabar
    Readmore --> Pangarmabar Resmikan Lapangan Tembak Lanal Batam

    Panglima TNI: Jika Ada Tindakan Makar Akan Ditindak



    TEMPO Interaktif, Jakarta - Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono mengatakan pihaknya akan menindak sesuai aturan jika benar ada usaha makar yang akan dilakukan oleh organisasi tertentu kepada Presiden. "Tapi harus jelas dulu," kata Agus di Kementerian Pertahanan, Jumat (18/2).

    TNI tidak akan bertindak gegabah dalam menyikapi berbagai aksi kekerasan yang sering terjadi akhir-akhir ini. Ancaman makar oleh organisasi atau pihak mana pun akan dikaji dahulu. "Harus jelas dalam mengartikan kriteria makar," ujar Panglima TNI.

    Dalam menyikapi maraknya aksi kekerasan, Panglima TNI mengatakan siap membantu pihak Kepolisian jika memang diperlukan. "Sesuai Undang-Undang yang berlaku," kata Agus.

    Pihaknya mengaku lebih mengedepankan usaha preventif yaitu dengan bentuk dialog dan sosialisasi peraturan (SKB Menteri). "Nabi Muhammad dalam menyelesaikan persoalan dengan tindakan persuasif," kata Agus.

    Sumber: TEMPO
    Readmore --> Panglima TNI: Jika Ada Tindakan Makar Akan Ditindak

    Kasum TNI: Fasilitas Prajurit di Perbatasan Akan di Tingkatkan


    TEMPO Interaktif, Jakarta - Kepala Staf Umum TNI Marsekal Madya Edy Hardjoko mengatakan, fasilitas dan peralatan prajurit yang berada di perbatasan akan ditingkatkan. Saat ini juga sedang diupayakan pembangunan rumah susun sewa dan dinas. "Banyak prajurit yang belum punya rumah yang layak," kata Edy usai menerima penghargaan Bintang Dharma di Gedung Kementerian Pertahanan di Jakarta, Jumat (18/2).

    TNI juga akan mencoba bekerja sama dengan pemerintah, dalam hal ini Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat, untuk pembangunan rumah TNI. "Selama ini TNI masih mengandalkan keberadaan koperasi," ujar Edy.

    Soal tunjangan kepada prajurit, Edy mengatakan, akan diberikan berdasarkan kepangkatan dan profesionalitasnya. Meskipun tidak diberikan setiap tahun, pihaknya akan berupaya untuk tetap memberikannya. Mengenai besarnya, Edy mengaku tidak tahu secara pasti. "Dikembalikan kepada atasan masing-masing," kata Edy.

    Sumber: TEMPO
    Readmore --> Kasum TNI: Fasilitas Prajurit di Perbatasan Akan di Tingkatkan

    Korea Utara Selesai Membangun Tower Peluncur Roket



    SEOUL citra satelit terbaru menunjukkan Korea Utara telah menyelesaikan menara peluncuran di pangkalan rudal baru, langkah penting dalam upaya untuk menguji sebuah rudal yang akhirnya bisa mencapai Amerika Serikat, para ahli mengatakan. Gambar yang diambil pada tanggal 10 Januari-Tongchang ri, berdasarkan Pantai Barat menunjukkan landasan peluncuran mobile dan ayunan lengan dengan menara.

    Hal itu diungkapkan oleh VOA News minggu ini dan diposting di situs informasi pertahanan kelompok AS GlobalSecurity.org, yang mendorong seorang komandan senior militer AS untuk menggambarkan pembangunan sebagai "perhatian utama". Basis baru ini dianggap sebagai langkah kunci dalam pencarian untuk sebuah rudal balistik Utara antarbenua (ICBM) yang mungkin bisa menyerang Amerika Serikat, kata GlobalSecurity.org.

    Ini lebih besar dan lebih maju daripada dasar Musudan-ri di pantai timur, Utara digunakan untuk meluncurkan rudal jarak jauh pada tahun 1998, 2006 dan 2009. Utara memiliki cukup bahan nuklir untuk enam sampai delapan senjata diperkirakan tetapi tidak jelas jika memiliki teknologi untuk membuat hulu ledak nuklir untuk rudal. U. S. Pertahanan Robert Gates bulan lalu memperingatkan bahwa Korea Utara mungkin telah rudal dalam waktu lima tahun yang secara langsung mengancam Amerika Serikat.

    "Ini adalah kekhawatiran utama kami," kata Adm Robert Willard, kepala 300rb pasukan Komando Pasifik AS. program rudal Korea Utara. "Ketika Anda paket yang bersama-sama dengan tindakan provokatif yang kami lihat pada tahun 2010, dan kompleksitas suksesi yang sedang berlangsung di Korea Utara, harus perhatian kita semua," kata Willard pada Asia Society. Tapi Willard mengecilkan spekulasi peluncuran rudal oleh Korea Utara. Ada "ada tanda-tanda bahwa saya sadar bahwa mereka sedang mempersiapkan untuk uji coba rudal waktu dekat," kata Willard.

    Tongchang-RI kerja telah diikuti selama lebih dari dua tahun dan pejabat Korea Selatan mengatakan pada Oktober 2009 yang konstruksi sudah hampir selesai. Namun gambar yang terakhir adalah yang pertama menunjukkan menara peluncuran. Daniel Pinkston, seorang analis Seoul berbasis International Crisis Group, mengatakan Tongchang-ri jelas lebih mudah untuk mendukung program pengembangan rudal dari relatif "primitif" Musudan-ri.

    "Ini menunjukkan komitmen mereka terhadap program ICBM," katanya, "mempertimbangkan biaya dari program, ukuran kecil ekonomi mereka dan kemampuan teknis mereka." Jika mereka akan mendedikasikan sumber-sumber, itu merupakan pertanda mereka serius tentang penggunaan dasar peluncuran, "kata Pinkston, menambahkan bahwa uji-peluncuran tahun ini mungkin yang pertama jangka panjang 1998 Utara Taepodong-1 rudal yang dikirim dari Jepang tetapi gagal untuk menempatkan satelit di orbit. A Taepodong-2 meledak setelah 40 detik setelah diluncurkan pada tahun 2006..

    Pada bulan April 2009, lagi-Taepodong 2 perjalanan 3.200 km (1.984 mil) untuk mendarat di Pasifik. Rilis ini, uji coba nuklir bulan kemudian, membawa sanksi baru PBB termasuk larangan kegiatan nuklir dan rudal. Hubungan antar-Korea dibekukan setelah dua insiden fatal menyalahkan Pyongyang tahun lalu. Berbicara tentang perlucutan senjata nuklir enam-pihak telah macet sejak panggilan Desember 2008 dan Washington menolak untuk dialog langsung.

    Sebuah program rudal jarak jauh dapat digunakan sebagai tawar-menawar untuk mengekstrak konsesi AS. Pinkston mengatakan peluncuran sukses akan memiliki nilai yang sangat besar sebagai rumah propaganda dan meningkatkan prestise Kim Jong-Un, putra bungsu dan pewaris pemimpin Kim Jong-Il. Setiap kemampuan serangan nuklir di Utara bisa juga dianggap sebagai melemahnya komitmen AS untuk membantu daerah sekutunya Korea Selatan dan Jepang, "tambahnya.
    Readmore --> Korea Utara Selesai Membangun Tower Peluncur Roket

    ANGGOTA KORPS MARINIR TNI-AL TERIMA PENGHARGAAN KAPOLRES BEKASI KABUPATEN




    Anggota Korps Marinir TNI-AL menerima penghargaan prestasi luar biasa dari Kapolres Bekasi Kabupaten karena turut andil membantu Polres Bekasi Kabupaten terkait tindak pidana yang terjadi di wilayahnya.

    Pemberian penghargaan diserahkan langsung Kapolres Metro Bekasi Kabupaten Kombes Pol Setija Junianta kepada anggota dan masyarakat yang memiliki prestasi luar biasa tersebut dalam rangka Hari Kesadaran Nasional yang dilaksanakan setiap tanggal 17 di Polres Bekasi Kabupaten, Kamis (17/2) Anggota TNI-AL atas nama Kopda APM Achmad Rojali anggota Yonkes-2 Marinir Menbanpur-2 Pasmar-2 ini adalah salah satu dari 11 warga yang juga menerima penghargaan karena turut membantu polisi menangkap pelaku yang diduga melakukan perampokan kendaraan bermotor dengan menggunakan senjata api pada tanggal 14 Februari 2011 di Kampung Limo, Cibarusah.

    Kapolres Metro Bekasi Kabupaten mengucapkan terimakasih atas kepedulian anggota TNI dan masyarakat dalam ikut membantu menciptakan keamanan.
    Selain itu, reward juga diberikan sebagai bentuk motivasi kemitraan polisi dengan masyarakat untuk menekan angka kejahatan.

    Hadir pada acara yang berlangsung di halaman Mapolres Metro Bekasi Kabupaten Danmenbanpur-2 Mar Kolonel Marinir Agus Sulistyo, Danyonkes-2 Marinir Letkol Laut (K) drg. Andy S Prabowo, Sp. KG serta seluruh perwira Polres Metro Bekasi Kabupaten.
    Readmore --> ANGGOTA KORPS MARINIR TNI-AL TERIMA PENGHARGAAN KAPOLRES BEKASI KABUPATEN

    TNI AU Kembali Canangkan Zero Accident

    Hercules C130 TNI AU.

    JAKARTA (Suara Karya): TNI Angkatan Udara (AU) kembali mencanangkan terbang tanpa kecelakaan pada Rencana Strategis 2011. Langkah pertama yang dilakukan adalah melakukan perawatan dan memperketat pemeriksaan perlengkapan pesawat di lingkungan TNI AU.

    "Bila tahun 2010 kita belum berhasil mewujudkan target ini, maka di tahun 2011 ini kita berupaya agar satu tahun tanpa accident benar-benar dapat diwujudkan," ujar Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Imam Sufaat, di Jakarta, Kamis (17/2).

    Imam mengakui, mewujudkan satu tanpa accident bukan pekerjaan yang mudah serta harus diikuti kerja keras. TNI AU kontiniu melakukan evaluasi dan perbaikan terhadap seluruh kinerja, terutama pada operasional alat utama system persenjataan di lapangan.

    "Operasional alutsista di lapangan menerapkan prosedur, aturan dan disiplin secara ketat. Aturan atau protap yang sudah tidak sesuai dengan perkembangan yang ada harus direvisi kembali," ujar KSAU.

    Selain itu, ia mengatakan, disiplin prajurit jadi prioritas utama. Oleh karena itu, setiap atasan harus bertindak tegas dan konsisten memberi sanksi terhadap pelanggaran dan penyimpangan yang dilakukan prajurit. Tujuannya, untuk menciptakan kedisiplinan yang membangun budaya taat aturan secara menyeluruh.

    Asas "Gunkuat"

    Sebaliknya, tutur Imam, TNI AU sebagai organisasi perang, membutuhkan kualitas kepemimpinan mumpuni untuk mewujudkan postur TNI AU yang profesional di masa mendatang. Karakteristik kepemimpinan TNI AU sangat dipengaruhi oleh asas penggunaan kekuatan ("gunkuat"), tugas yang diemban, alutsista yang dioperasikan, serta etika dan budaya organisasi.

    "Kekhasan inilah yang perlu kita pahami dan gali lebih dalam, sehingga mampu melahirkan nilai-nilai khas kepemimpinan Angkatan Udara yang dipegang teguh oleh seluruh personel TNI AU," ujar KSAU.

    Tantangan dan ancaman ke depan, menurut dia, TNI AU dituntut mampu mengembangkan pola kepemimpinan yang handal, kredibel, dan responsif terhadap setiap tantangan tugas yang diemban.

    "Rahasia kekuatan terbesar seorang pemimpin bukan dari kekuasaannya, bukan kecerdasannya, tapi kekuatan pribadinya. Seorang pemimpin sejati selalu bekerja keras memperbaiki dirinya sebelum sibuk memberbaiki orang lain," ujar Imam.

    Secara terpisah, 750 prajurit Korps Pasukan Khas (Kopaskhas) TNI AU melakukan terjun penyegaran (jungar) di run way Pangkalan Udara Sulaiman Bandung. Jungar dilakukan, untuk memelihara dan mempertahankan kesiapan serta kemampuan para prajurit Paskhas.

    Jungar dilakukan dengan menggunakan pesawat Hercules C-130 dari Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdana Kususma. "Apabila terdapat prajurit yang dengan sengaja menolak ikut dalam kegiatan terjun penyegaran jangan segan-segan untuk memberikan tindakan dan sangsi tegas dan mencabut haknya dalam menerima tunjangan brevet yang selama ini diterimakan," ujar Komandan Kopaskhas Marsekal Pertama TNI Harry Budiono.

    Sumber: SUARA KARYA
    Readmore --> TNI AU Kembali Canangkan Zero Accident

    Paspampres Masuk Kategori Pasukan VVIP Dunia



    JAKARTA (Suara Karya): Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) Mayjen TNI Waris patut berbangga hati. Karena, Paspampres disejajarkan sebagai pasukan very very important person (VVIP) kelas dunia. Selain Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono, sejumlah tamu negara memberikan apresiasi positif terhadap kinerja Paspampres.

    "Keberhasilan kita melaksanakan tugas sangat diapresiasi Presiden SBY dan Wapres serta tamu negara. Paspampres melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya secara profesional sebagai satuan pengamanan VVIP sehingga bisa disejajarkan dengan pasukan pengamanan kelas dunia," ujar Waris pada Rapat Kerja dan Apel Komandan Satuan Paspampres 2011 di Mako Paspampres, Jakarta, Rabu-Kamis (17-18/2).

    Selama 2010, Paspampres sukses melakukan tugas dan tanggungjawabnya untuk mengamankan Presiden dan Wakil Presiden, termasuk para tamu negara. Namun di balik keberhasilan itu, Waris mengingatkan prajurit Paspampres tidak langsung berbangga hati.

    Sebab, kinerja Paspampres tak lepas dari kesalahan akibat dari kelalaian prajurit. "Kita terperangah karena sepanjjang 2010 masih ada prajurit Paspampres yang melakukan pelanggaran," ujarnya.

    Menurut Waris, prajurit Paspampres butuh pendekatan personal. Adanya kasus pelanggaran pidana dan disiplin dilakukan personil Paspampres, membuktikan prajurit masih rentan terhadap pengendalian diri.

    Pencegahan Dini

    Pelanggaran yang dilakukan prajurit Paspampres menimbulkan keresahan pimpinan TNI. Pemicu pelanggaran diduga akibat persoalan pribadi.

    Karena itu, ia mengatakan, perlu pemberdayaan unsur perwira pertama sebagai ujung tombak deteksi dini terhadap permasalahan prajurit. "Caranya adalah, melakukan pendekatan ke masing-masing individu prajurit," ujarnya.

    Waris mengatakan, upaya penyelesaian masalah prajurit Paspampres berpedoman pada sendi-sendi dasar prajurit TNI. "Saya minta kepada seluruh unsur pimpinan untuk sungguh-sungguh dalam melaksanakan pembinaan satuan di tengah-tengah tuntutan tugas yang cukup padat ini," ujarnya.

    Waris mengatakan, pemicu permasalahan yang dihadapi prajurit Paspampres harus diidentifikasi sedini mungkin sambil membuat solusi cermat dan menguntungkan bagi prajurit maupun Paspampres.

    Prajurit Paspampres jangan dibiarkan sendiri untuk menyelesaikan persoalan. Pasalnya, prajurit butuh nasihat dan bimbingan dari pemimpin ataupun komandannya. "Cara terbaik adalah dengan mengadakan pendekatan personal ke masing-masing individu," kata Waris.

    Penyelenggaraan Raker dan Apel Dansat Paspampres dalam rangka membahas dan mengevaluasi pelaksanaan program kerja dan anggaran Paspampres Tahun 2010, serta penyampaian program kerja dan anggaran Paspampres Tahun 2011.

    "Wadah ini menjadi wahana untuk menyamakan persepsi dan meningkatkan kualitas kebersamaan di antara para komandan satuan dan staf terkait dalam upaya memecahkan berbagai permasalahan, baik internal maupun eksternal yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas Paspampres," ujar Waris.

    Sumber : Suara Karya
    Readmore --> Paspampres Masuk Kategori Pasukan VVIP Dunia

    NAVAIR Memilih Pemenang Kontrak Pengembangan APKWS II



    US Navy (USN) telah memberikan BAE Systems kontrak Joint Capability Technology Demonstration (JCTD) untuk mengintegrasikan Advanced Precision Kill Weapon System II (APKWS II) ke Korps Marinir AS (USMC) McDonnell Douglas AV-8B Harrier II dan Angkatan Udara AS (USAF) Fairchild-Republic A-10 Thunderbolt II.

    Harga kontrak diumumkan 10 Februari oleh U. S. Naval Air Systems Command (NAVAIR), didorong oleh kebutuhan operasional di lapangan. Secara khusus, ada kebutuhan untuk pesawat sayap tetap mewarisi munisi presisi dipandu laser, menurut NAVAIR.

    Rincian APKWS II JCTD pertama kali dilaporkan oleh USN pada Januari 2010. Pada waktu itu, Angkatan Laut telah menunjukkan keinginannya untuk memberikan BAE Systems kontrak untuk menutupi pengiriman 50 sistem APKWS II sayap tetap dan demonstrasi teknis sebuah sistem tes yang masih akan ditentukan dan serta operasional penilaian.

    Rincian APKWS II JCTD pertama kali dilaporkan oleh USN pada Januari 2010. Pada waktu itu, Angkatan Laut telah menunjukkan keinginannya untuk memberikan BAE Systems kontrak untuk menutupi pengiriman 50 sistem APKWS II sayap tetap dan demonstrasi teknis sebuah sistem tes yang masih-to-be-ditentukan 'dan operasional penilaian.
    Readmore --> NAVAIR Memilih Pemenang Kontrak Pengembangan APKWS II

    Helikopter TNI-AL Mendarat Darurat di Situbondo



    Situbondo (ANTARA News) - Sebuah helikopter dengan nomor lambung NV 412 milik Skuadron 400 TNI-AL mendarat darurat di lapangan SMA Negeri 1 Suboh, Kabupaten Situbondo, Jatim, Kamis.

    Helikopter tersebut terbang dari Kabupaten Banyuwangi hendak menuju ke Bandara Juanda Surabaya, namun berputar-putar rendah di lapangan SMA Negeri 1 Suboh dan melakukan pendaratan darurat karena diduga mengalami kerusakan mesin.

    Seorang saksi mata, Imam Syafii, mengatakan helikopter yang terbang rendah di kawasan sekolah membuat siswa dan masyarakat setempat terkejut.

    "Banyak siswa dan warga yang keluar rumah untuk melihat helikopter yang mendarat di lapangan SMA Suboh. Kami khawatir helikopter itu jatuh menimpa rumah warga," tuturnya.

    Menurut dia, helikopter tersebut berputar-putar rendah di lapangan SMA Suboh, kemudian mendarat secara darurat di sana.

    "Kegiatan belajar di SMA Negeri 1 Suboh sempat terhenti karena banyak siswa yang berhamburan keluar ruangan kelas untuk melihat pendaratan helikopter milik TNI-AL itu," paparnya.

    Helikopter Skuadron 400 TNI AL dengan pilot Kapten Novan dan co-pilot Lettu Akbar tidak bisa berbuat banyak dan menunggu teknisi yang didatangkan dari Surabaya. Beberapa kali mereka mencoba menghidupkan mesin helikopter, namun tidak bisa.

    Saat dikonfirmasi sejumlah wartawan terkait dengan pendaratan darurat itu, pilot dan co-pilot enggan memberikan komentar apapun terkait dengan kerusakan mesin yang menyebabkan helikopter tersebut mendarat darurat.

    Hingga kini, belum diperoleh keterangan resmi dari TNI-AL tentang kemungkinan adanya kerusakan mesin pesawat, sehingga pilot melakukan pendaratan darurat.

    Sumber: ANTARA
    Readmore --> Helikopter TNI-AL Mendarat Darurat di Situbondo

    Thursday, February 17, 2011 | 7:22 PM | 0 Comments

    Rusia Membangun Rudal Pertahanan Udara S 500 2014



    Rusia akan memulai produksi seri-S 500next generation pada tahun 2014,kepala staff Angkatan udara pada hari Kamis. S-500 sistem pertahanan udara dapat melacak dan menghancurkan rudal balistik dengan rentang sampai dengan 3500 kilometer. "[S-500] saat ini sedang dalam pembangunan. Pada tahun 2014, sudah harus masuk ke dalam produksi massal," kata komandan strategis pertahanan dirgantara Letjen Valery Ivanov.

    "Sistem ini akan mampu mempertahankan wilayah sampai ketinggian hingga 50 kilometer," tambahnya. pasukan pertahanan udara Rusia saat ini menggunakan S-300 dan S-400 sistem.S-400 rudal pertahanan udara akan ditempatkan di Dmitrov luar Moskow pada bulan Maret, Ivanov mengatakan.

    Sumber: RIA
    Readmore --> Rusia Membangun Rudal Pertahanan Udara S 500 2014

    Laksamana Van Burkirk: Rudal China Bukan Ancaman Bagi Kapal Induk AS

    “Rudal Pembunuh Kapal Induk”, rudal baru militer China, tidak akan dapat memaksa Angkatan Laut (AL) AS mengubah cara operasinya di Pasifik, demikian dikatakan komandan senior AL AS, Laksamana Madya Scott van Buskirk, Selasa (15/2).

    Tapi para analis pertahanan mengatakan rudal Dong Feng 21D itu bisa mengubah keseimbangan kekuatan di Asia, tempat gugus tempur kapal induk AS menguasai samudera sejak akhir Perang Dunia II. Namun demikian, Laksamana Madya Scott van Buskirk, komandan Armada VII AS menegaskan AL AS tidak melihat senjata yang banyak ditakuti itu menciptakan sesuatu yang tak dapat diatasi bagi kapal induk AS.

    “Itu tidak menjadi ancaman bagi kapal induk atau AL kami, itu hanya merupakan sistem persenjataan, teknologi yang biasa ,” kata Van Buskirk di anjungan kapal USS George Washington, satu-satunya kapal induk yang berpangkalan di Pasifik Selatan.

    Rudal DF 21D milik China itu unik karena diyakini mampu menghantam target bergerak yang dipertahankan dengan kuat -- seperti kapal induk USS George Washington -- dengan ketelitian yang tepat.

    Rudal itu mampu menembus pertahanan karena kecepatannya dari peluncurannya hingga tidak memberi cukup waktu bagi kapal induk atau kapal-kapal besar lainnya untuk melakukan tindakan balasan. Rudal ini bisa melemahkan kemampuan USS George Washington untuk mengatasi setiap konflik di Taiwan atau Korea Utara (Korut) dan merintangi akses aman kapal-kapal AS ke perairan internasional dekat garis pantai China sepanjang 18.000 kilometer.

    Van Buskirk, yang armadanya bertanggungjawab bagi sebagian besar Samudra Pasifik dan Samudra India, dengan 60-70 kapal dan 40.000 pelaut dan marinir dibawah komandonya, mengatakan kemampuan rudal China itu tidak terbukti. Tapi ia mengakui itu tidak menimbulkan keprihatinan khusus.

    Sumber: HARIAN ANALISA
    Readmore --> Laksamana Van Burkirk: Rudal China Bukan Ancaman Bagi Kapal Induk AS

    Rusia Tempatkan Rudal S-400 di Kuril

    Rudal S-400

    MOSKOW (Suara Karya): Moskow akan menempatkan persenjataan rudal pertahanan terbaru mereka, sistem S-400 Triumf, di Kepulauan Kuril guna melindungi kedaulatan Rusia, kata perwira tinggi militer, Selasa.

    "Dukungan militer beserta persenjataan modern adalah suatu keharusan untuk menjamin keamanan kepulauan tersebut," kata Presiden Dmitry Medvedev dalam sebuah rapat pekan lalu dengan Menteri Pertahanan Anatoly Serdyukov dan Menteri Pengembangan Regional Viktor Basagrin.

    Empat pulau berpenduduk jarang (Iturup, Kunashir, Shikotan, dan Habomai) di rantai yang terbentang antara pulau utara Hokkaido Jepang dan Semenanjung Kamchatka Timur Jauh Rusia diduduki oleh Uni Soviet sejak akhir Perang Dunia II namun masih diklaim oleh Jepang.

    Sengketa terhadap kepulauan itu, yang disebut Wilayah Utara di Jepang, telah menghambat proses penandatanganan perjanjian damai secara resmi antara Rusia dan Jepang.

    Pejabat Staf Jenderal itu mengatakan sistem pertahanan misil S-400 dapat ditempatkan di kepulauan tersebut untuk melindungi dari potensi ancaman.

    Sebelum kunjungan Medvedev ke salah satu pulau yang disengketakan itu pada November, Jepang telah menyuarakan kekhawatirannya dengan mengatakan bahwa kedatangan pemimpin Rusia akan membuat hubungan bilateral semakin kompleks, namun Kementerian Luar Negeri Rusia menolak upaya Tokyo itu.

    Medvedev saat itu bersikeras dengan mengatakan bahwa ia menentukan rutenya sendiri untuk berpergian di seluruh negeri.

    Kunjungan itu merupakan yang pertama kali dilakukan oleh kepala negara Rusia maupun Uni Soviet ke Kepulauan Kuril Selatan.

    Segera setelah mendarat di Pulau Kunashir, Medvedev mengunggah sebuah foto pemandangan Kunashir ke akun jejaring Twitternya dengan pesan: "Banyak sekali tempat yang menawarkan pemandangan indah di Rusia. Kunashir".

    Berbicara dalam sebuah kampanye di Tokyo pada 8 Februari, Perdana Menteri Jepang Naoto Kan menyebut kunjungan Medvedv pada November itu sebagai ketidaksopanan tak termaafkan, yang kemudian memantik kemarahan pihak Moskow.

    Sumber : SUARA KARYA
    Readmore --> Rusia Tempatkan Rudal S-400 di Kuril

    Tingkatkan Kemampuan Prajurit TNI

    Dapat DUIT: Seorang prajurit mendapatkan duit langsung dari Pangdam setelah menjawab dengan benar pertanyaan.

    SINGKAWANG-Guna meningkatkan kemampuan prajurit dalam memahami manajemen latihan diselenggarakan penataran nikgarlat. Sedangkan, untuk kemampuan bela diri diselenggarakan latihan kader yong moodo. Kegiatan ini diselenggarakan di Rindam XII Tanjungpura di Kota Singkawang, kemarin. Hadir Pangdam XII Tanjungpura, Mayjend Andi Geerhan Lantara dan sejumlah perwira lainnya.

    “Kegiatan latihan ini penting untuk dapat menciptakan dan terus memupuk kepercayaan diri seluruh prajurit disatuan jajaran Kodam XII/TPR,” tegas Geerhan.
    Selain itu , Geerhan juga mengatakan, kegiatan tersebut dapat dijadikan sebagai pedoman, wahana untuk meningkatkan eksistensi dan kinerja para perwira maupun bintara serta sebagai dasar dalam penyelenggaraan latihan di satuan masing-masing, sehingga akan tercapai sasaran dan tugas pokok sesuai yang diharapkan komando atas. Kegiatan yang berlangsung selama lima hari tersebut diikuti 100 orang peserta.

    Pesertanya berasal dari perwira maupun bintara dari satuan jajaran Kodam XII/TPR. “Kita harapkan nantinya akan memiliki kemampuan baik secara kuantitas dan kualitas serta mampu melaksanakan teknik penyelenggaraan latihan di satuan secara benar sesuai dengan prinsip-prinsip manajemen latihan,” kata pria yang pernah bertugas di Aceh. Diakuinya, TNI adalah sebagai alat pertahanan negara, menjalankan fungsi sebagai penangkal, penindak dan pemulih untuk menjaga dan mempertahankan kedaulatan NKRI.“TNI dituntut untuk setiap saat selalu berhadapan dengan ancaman dan resiko, sehingga setiap prajurit dituntut untuk memiliki kemampuan mempertahankan diri dengan atau tanpa senjata.Kedepannya, saya berharap, penyelenggaraan penataran dan latihan ini, berorientasi terus pada upaya peningkatan profesionalisme keprajuritan,” kata dia.

    Sumber: PONTIANAK POST
    Readmore --> Tingkatkan Kemampuan Prajurit TNI

    TNI AL Tingkatkan Patroli Maritim di Perbatasan

    JAKARTA (Pos Kota) – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Soeparno menegaskan kerja sama regional yang dahulu cenderung dibatasi pada aspek politik, ekonomi dan budaya, kini mulai merambah hingga mencakup aspek keamanan. Disisi lain, masih terdapat potensi konflik antar negera-negara kawasan akibat belum diselesaikannya beberapa masalah batas wilayah antar negara.

    Menghadapi potensi konflik tersebut, TNI Angkatan Laut perlu terus meningkatkan intensitas kehadiran unsur-unsur satuan operasional seperti kapal perang, pesawat udara patroli maritim dan pasukan Marinir di wilayah perbatasan.

    Untuk Pangkalan TNI Angkatan Laut terutama yang berada di wilayah perbatasan agar senantiasa menjamin ketersediaan dukungan bagi unsur atau satuan yang beroperasi di wilayah perbatasan, tegas Kasal dalam amanat tertulis yang dibacakan Waasrena Kasal Laksamana Pertama TNI Agung Pramono, S.H., M.Hum pada Upacara Bendera di Mabes TNI AL Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (17/2).

    Pada tahun 2011, lanjut Kasal bahwa Indonesia menerima tanggung jawab sebagai Ketua Asean. Sesuai agenda yang telah ditetapkan yaitu terbentuknya masyarakat Asean yang berlandaskan tiga pilar utama yaitu politik dan keamanan, ekonomi dan sosial budaya, dimana salah satu agenda penting yang harus diwujudkan dalam tahun 2015 adalah terbentuknya Asean Maritime Forum (AMF).

    Sebagai negara yang memiliki wilayah laut terluas di antara negara-negara Asean, maka hal ini menjadi tantangan bagi Indonesia pada umumnya dan TNI AL khususnya untuk berperan aktif dalam mewujudkan agenda tersebut. Oleh karena itu, Kasal menegaskan kepada seluruh jajaran TNI AL agar memberikan kontribusi positif dengan mengembangkan pemikiran-pemikiran yang inovatif dan kreatif serta menjadi Leading Sector dalam mempercepat terealisasinya Asean Maritime Forum,” tegasnya.

    Cegah Terjadinya Gangguan Keamanan Nasional

    Berkaitan dengan timbulnya berbagai kerusuhan masyarakat yang disebabkan oleh sempitnya pemahaman demokrasi, kebebasan dan keterbukaan oleh sebagian kalangan masyarakat, Kasal Laksamana TNI Soeparno pada kesempatan ini mengatakan bahwa masalah tersebut harus diantisipasi dengan baik agar tidak berdampak terjadinya gangguan keamanan nasional bahkan mempengaruhi persatuan dan kesatuan bangsa.

    TNI Angkatan Laut sebagai bagian dari masyarakat turut berperan dalam upaya mencegah terjadinya gangguan tersebut. “Oleh karena itu, saya tekankan kepada segenap prajurit TNI AL agar tetap memposisikan sesuai jati diri TNI, bersikap netral dan tidak memihak salah satu golongan masyarakat tertentu serta tidak melibatkan diri dalam kegiatan politik praktis,” tegas Soeparno.

    Sumber: POS KOTA
    Readmore --> TNI AL Tingkatkan Patroli Maritim di Perbatasan

    TNI AKAN TINDAK ATAS UPAYA INKONSTITUSIONAL TERHADAP PEMERINTAH

    Jakarta, 17/2/2011 (Kominfo-Newsroom) Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro menyatakan negara akan bertindak sesuai konstitusi dan aturan yang berlaku terhadap berbagai upaya inkonstitusional terhadap pemerintah yang syah.

    ”Kita tidak boleh membuka ruang bagi siapapun untuk melakukan provokasi kepada masyarakat untuk berbuat kekerasan yang merusak tatanan demokrasi,” tegas Menhan di Jakarta, Kamis (17/2) menyikapi provokasi kepada masyarakat untuk melakukan aksi Inkonstitusional.

    Menurut Menhan sudah sewajarnya aparat keamanan mengambil tindakan tegas dan benar terhadap aksi kekerasan dan perbuatan anarkis, bahkan pada saatnya jika menyentuh rambu kedaulatan NKRI dan keselamatan bangsa, maka TNI sebagai alat pertahanan negara tidak ada pilihan pasti akan menjalankan tugas dan kewajibannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

    Lebih lanjut Menhan mengatakan untuk meningkatkan efektivitas kegiatan Komando Teretorial, Kemhan memberikan prioritas perhatian dukungan anggaran terhadap peningkatan kegiatan pembinaan teretorial TNI termasuk sarana pendukung.

    “Hal ini di tujukan untuk lebih memberdayakan TNI dalam tugas operasi militer selain perang termasuk membantu POLRI,” ujarnya.

    Menteri Pertahanan mengajak seluruh komponen bangsa menyatu untuk menolak dan meniadakan perbuatan kekerasan yang mengganggu ketentraman masyarakat. Aparat penegak hukum bersama dengan tokoh masyarakat agar mencermati akar permasalahan terjadinya tindakan-tindakan yang mengganggu stabilitas belakangan ini, himbaunya.

    Sumber: KOMINFO
    Readmore --> TNI AKAN TINDAK ATAS UPAYA INKONSTITUSIONAL TERHADAP PEMERINTAH

    Hibah F-16 Bertentangan Dengan Kebijakan SBY



    INILAH.COM, Jakarta - Komisi I DPR meminta Kementerian Pertahanan membatalkan rencana menerima hibah dua skuadron pesawat tempur F-16 dari Amerika Serikat.

    Daripada menerima hibah tersebut, Kementerian Pertahanan disarankan untuk mempercepat proyek pembuatan pesawat tempur nasional KF-X bekerja sama dengan Republic of Korea Air Force (ROKAF).

    "Sebaiknya di-cancel-lah, karena kita beli, bukan produksi atau join production dengan Amerika. Sedangkan, ‎yang dengan Korsel kita sudah sepakati join production dan join investation," ujar anggota Komisi I DPR Ramadhan Pohan kepada INILAH.COM, Rabu (16/2/2011).

    Wasekjen DPP Partai Demokrat ini menjelaskan, berdasarkan kebijakan revitalisasi industri pertahanan yang dicanangkan Presiden SBY, pengembangan pesawat tempur nasional harus menjadi skala prioritas.

    "Maka sebaiknya persetujuan tersebut di-cancel karena bertentangan dengan kebijakan politik pertahanan negara. Yang lalu dicanangkan presiden soal kebijakan revitalisasi industri pertahanan," tegasnya.

    Seperti diberitakan, Indonesia dengan Korea Selatan memiliki proyek ambisius pembuatan pesawat tempur KF-X yang rencananya akan dirilis pada 2020.

    Proyek ini membutuhkan biaya sekitar 8 miliar USD, dari total biaya yang diperlukan, Indonesia menanggung sebesar 20 persen. Kemudian Indonesia akan memperoleh sebanyak 50 jet tempur KF-X.

    Kemampuan tempur KF-X dirancang lebih baik daripada pesawat tempur F-16. Jem tempur KF-X diproyeksikan memiliki radius serang lebih tinggi 50 persen dari F-16.

    Pesawat KF-F dirancang lebih panjang daripada F-16. Rentang sayapnya pun lebih lebar daripada F-16. Begitu pula kemampuan menampung bahan bakar KF-X lebih banyak daripada F-16.

    Sumber: INILAH
    Readmore --> Hibah F-16 Bertentangan Dengan Kebijakan SBY

    Indonesia Mampu Membuat Suku Cadang F-16



    INILAH.COM, Jakarta - Pengamat penerbangan Dudi Sudibyo mengatakan Indonesia sangat diuntungkan dengan adanya hibah dua skuadron pesawat tempur F-16 dari pemerintah AS.

    Kendati demikian, pemerintah tetap harus terus mendorong proyek pengembangan pesawat tempur buatan nasional KF-X dengan Korea Selatan.

    "Karena yang bekas ini kan sudah dimuktahirkan pesawatnya. Jadi, kalau kita mau kembangkan KF-X itu memang sudah ongkos kita. Tapi, pesawat ini (F-16) kan sudah dimuktahirkan, saya kira tidak ada masalah itu. Indonesia sudah punya pengalaman dengan pesawat F-16," kata Dudi Sudibyo saat dihubungi INILAH.COM.

    Menurut Dudi, untuk proyek pengembangan pesawat tempur dengan Korea Selatan, hal tersebut belum bisa dikatakan untung atau ruginya. "Kalau KF-X yang kita kerja sama dengan Korea itu kan kita harus keluarkan dana untuk mendapatkan 50 pesawat, tapi 50 pesawat itu jangan cuma lihat 50 saja, nanti anggaran bisa membengkak. padahal ini pasarnya belum jelas. Dan di sini Korea pintar juga tanpa keluarkan uang banyak, Korea sudah dapat klien," katanya.

    Sementara untuk F-16, untuk saat ini bisa dikatakan Indonesia sangat beruntung. Karena menurutnya berdasarkan pengakuan dari produsen F-16, Indonesia sudah mampu membuat F-16 sendiri.

    "Karena waktu indonesia bikin offset diakui oleh Amerika merupakan yang terbaik dari yang lainnya. Artinya secara kemampuan dan teknologi kita sudah bisa buat dan menguasai," jelasnya.

    Sumber: INILAH
    Readmore --> Indonesia Mampu Membuat Suku Cadang F-16

    KRI Teluk Parigi-539 Angkut Pasukan Marinir ke Marauke



    SURABAYA (Pos Kota) – Salah satu Unsur kapal perang jajaran Komando Lintas Laut Militer jenis Angkut Tank (AT) tipe Frosch KRI Teluk Parigi-.539 mengangkut pergeseran pasukan Marinir penugasan pulau-pulau terluar wilayah perbatasan Indonesia Timur dan mengangkut material dalam rangka pembentukan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarlan) Lantamal XI di Merauke yang diberangkatkan dari dermaga TNI AL Surabaya.
    Kapal perang dengan Komandan Mayor Laut (P) Rahmad Arif Biantoro tersebut mengangkut pasukan marinir dengan kekuatan setingkat satu kompi pasukan marinir yang akan bertugas di pulau-pulau terluar berbatasan dengan negara tetangga.

    Pasukan Marinir yang diangkut dari Pasukan Marinir (Pasmar) Surabaya tersebut direncanakan akan ditempatkan di wilayah Kupang diantaranya untuk menjaga pulau-pulau diantaranya pulau Dana Rote dan Pulau Beras serta ditugaskan di pulau sekitar Pulau Biak .

    Pasukan Marinir dengan kekuatan satu kompi tersebut ditugaskan dalam rangka melaksanakan penggantian pasukan Marinir yang bertugas di pulau tersebut dan sudah waktunya dilaksanakan penggantian pasukan.

    Selanjutnya KRI Teluk Parigi-.539 melanjutkan pelayaran menuju pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) XI di Merauke dalam rangka mengangkut perlengkapan lapangan dan material dalam rangka pembentukan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarlan) Lantamal XI/Merauke

    Sementara itu KRI Teluk Menado-537 dengan Komandan Mayor Laut (P) Tangka Nouldy Jan selesai melaksanakan kegiatan angkut berbagai peralatan diantaranya ranpur dari satuan Kodam IX/Udayana dalam rangka pengamanan VVIP di Kupang usai merapat di Denpasar Bali dalam rangka debarkasi ranpur.

    Kepala Dispen Kolinlamil
    Readmore --> KRI Teluk Parigi-539 Angkut Pasukan Marinir ke Marauke

    DPR Amerika Voting Untuk Membatalkan Mesin Alternatif F 35




    WASHINGTON - Sebuah kemenangan bagi Presiden Barack Obama, DPR memilih 16 Februari untuk membatalkan pendanaan untuk mesin pengganti pesawat tempur mahal F-35 yang pentagon tidak mau.

    Melalui juru bicaranya, Sekretaris Pertahanan Amerika Serikat Robert Gates mengatakan dia "puas" dengan suara 223-198 terhadap perubahan yang akan menyediakan $ 450 juta untuk mesin kedua.memahami suara malam ini hanyalah satu langkah,yang penting dapat memastikan kita berhenti membelanjakan dolar pada program pertahanan yang tidak diinginkan atau tidak perlu, "kata Sekretaris Pentagon Geoff Morrell.

    Mesin kedua F-35 akan dibangun oleh General Electric dan Rolls-Royce sebagai alternatif dalam kasus mesin utama yang dibangun oleh Pratt & Whitney telah gagal. Perubahan ini adalah salah satu dari sekitar 500 item yang melekat pada tagihan untuk menutupi kebutuhan belanja selama tujuh bulan AS tahun 2011 fiskal. Pemimpin Mayoritas Partai Republik Eric Cantor mengatakan perdebatan tentang RUU pengeluaran bisa disiapkan di DPR 17 Februari.kemudian dibawa ke Senat, dimana Demokrat telah mendapat suara mayoritas.

    Gedung Putih telah mengancam akan memveto RUU apapun dengan pendanaan untuk mesin kedua, dan Gates membuat program ini contoh pemborosan bagi para anggota Kongres untuk melindungi pekerjaan di daerah mereka atas biaya lain pertahanan. Mesin kedua dibangun di Indiana dan Ohio, negara rumah Ketua DPR John Boehner.

    Agenda yang lebih luas dari F-35 telah dilanda oleh overruns biaya dan keterlambatan yang diproyeksikan untuk unit dengan harga unit pesawat sampai 92 juta dolar. Pentagon berencana untuk membeli 2,443 pesawat adalah sekarang diharapkan biaya 382.miliar dolar. Juga dikenal sebagai Joint Strike Fighter, nantinya dirancang untuk digunakan oleh Angkatan Udara, Angkatan Laut dan Korps Marinir sebagai platform bersama.

    Varian dari pesawat yang seharusnya untuk menggantikan angkatan udara F-16 dan A-10 pesawat tempur, Angkatan Laut dan Korps Marinir F/A-18s armada pesawat Harrier. Namun, Pentagon telah menunda pembelian varian Korps Marinir dengan lepas landas pendek, kemampuan mendarat vertikal, dan mengancam untuk membatalkan sama sekali jika kinerja, biaya dan pengiriman masalah yang tidak terselesaikan.

    Readmore --> DPR Amerika Voting Untuk Membatalkan Mesin Alternatif F 35

    Rudal Balistik Nuklir Korea Utara Ancaman Serius Bagi Amerika: Clapper



    WASHINGTON - senjata nuklir dan rudal balistik Korea Utara merupakan ancaman serius bagi Amerika Serikat, pejabat kepala intelijen AS mengatakan Rabu. "Senjata nuklir di Korea Utara dan program rudal menimbulkan ancaman serius, baik secara regional maupun di luar," kata Direktur Intelijen Nasional James Clapper sidang Komite Intelijen Senat. " Pyongyang telah memberi sinyal kemauan untuk recommit untuk dialog, tapi korut juga menginginkan pengakuan internasional sebagai kekuatan senjata nuklir dan telah menunjukkan kemauan untuk menjual teknologi nuklir. "

    Pernyataan kepala bidang intelijen US sejalan dengan para pemimpin militer AS. Menteri Pertahanan Robert Gates mengatakan bulan lalu bahwa rudal Korea Utara dan senjata nuklir akan menimbulkan ancaman bagi Amerika Serikat dalam lima tahun. Kepala pertahanan mendesak Korea Utara untuk menerapkan moratorium pengujian nuklir dan rudal untuk membantu menghidupkan kembali perundingan nuklir enam-pihak terhenti.

    Laksamana Michael Mullen Kepala Staf Gabungan, juga mengatakan bulan lalu bahwa "kecuali Korea Utara dibatasi, bahwa suatu hari nanti di akhirat, aku tidak yakin tapi, lima sampai 10 tahun, provokasi ... ancaman akan meningkat ke tingkat yang lebih tinggi,termasuk kemampuan nuklir ICBM (rudal balistik antar benua) "pembicaraan nuklir multilateral telah menemui jalan buntu selama lebih dari dua tahun selama tes Utara nuklir dan rudal dan provokasi lainnya..

    Korea Utara juga mengungkapkan pada November sebuah pabrik untuk memperkaya uranium yang bisa menggunakan cara kedua untuk membuat bom nuklir selain program plutonium, meskipun klaim Pyongyang itu menghasilkan bahan bakar untuk menghasilkan listrik. Wing mengatakan dalam sebuah laporan yang disajikan pada mendengar bahwa Utara tampaknya telah fasilitas pengayaan uranium lebih dari kompleks nuklirnya di Yongbyon, utara ibukota, Pyongyang, yang diturunkan tahun lalu.

    "Berdasarkan skala fasilitas dan kemajuan pembangunan DPRK, kemungkinan bahwa Korea Utara terus meningkatkannya untuk jangka waktu yang panjang," kata kepala bidang intelijen. Jika demikian, maka prospek kedepan jelas bahwa DPRK telah membangun fasilitas pengayaan uranium lebih lanjut terkait di wilayahnya, termasuk fasilitas manufaktur R & D dan fasilitas lainnya kemungkinan pengayaan dan centrifuge "

    Sebelumnya di Tokyo, Menteri Luar Negeri Korea Selatan Kim Sung hwan-dan rekan Jepang Seiji Maehara meminta Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk mengatasi masalah uranium untuk sanksi tambahan yang mungkin di North , yang sudah di bawah sanksi internasional karena tes kedua nuklirnya dan peluncuran roket di tahun 2009.

    Cina, sekutu paling setia Komunis Korea Utara menentang isu uranium kepada Dewan, mengutip berdampak buruk pada menghidupkan kembali pembicaraan enam pihak yang melibatkan kedua Korea, Amerika Serikat, Cina, Jepang dan Rusia. Beijing ingin perundingan untuk membuka kembali secepat mungkin tanpa syarat apapun, sementara Pyongyang menuntut Seoul dan Washington pertama meminta maaf atas pemboman sebuah pulau garis depan Korea Selatan dan tenggelamnya kapal perang Korea Selatan menewaskan 50 orang tahun lalu.

    Dalam sebuah tawaran untuk membuka jalan dimulainya kembali perundingan enam pihak, Korea Utara baru-baru ini mengusulkan untuk menghidupkan kembali dialog tingkat tinggi militer antar-Korea, tapi berjalan dibatalkan dari pembicaraan pekan lalu mengutip penyusunan permintaan Korea Selatan untuk meminta maaf atas provokasi. (Yonhap)

    Readmore --> Rudal Balistik Nuklir Korea Utara Ancaman Serius Bagi Amerika: Clapper

    Apa Kabar Proyek Pesawat Tempur Nasional KF-X?



    INILAH.COM, Jakarta - Desakan agar Indonesia segera memproduksi sendiri pesawat tempur kembali bergema setelah Kementerian Pertahanan memutuskan menerima hibah dua skuadron pesawat tempur F-16.

    Impian tersebut adalah sebuah keniscayaan, sebab Indonesia dengan Korea Selatan memiliki proyek ambisius pembuatan pesawat tempur KF-X yang rencananya akan dirilis pada 2020. Namun sayangnya, sejak diumumkan tahun lalu, perkembangan proyek tak terdengar lagi.

    Rencananya KF-X akan disokong mesin kembar setara dengan kelas General Electric F414 atau SNECMA M88 yang digunakan pada F/A- 18E/F Boeing dan Dassault Rafale. SNECMA menggambarkan M88 sebagai landasan dari keluarga mesin generasi baru.

    Mitra yang akan dirangkul untuk pengembangan mesin adalah Lockheed Martin yang sebelumnya terlibat dalam desain dan pengembangan pelatih Korea Aerospace T-50 jet supersonik. Proyek KF-X juga akan merangkul sejumlah perusahaan asing. Perusahaan-perusahaan asing akan membayar hingga 30 persen dari total biaya program ini.

    Proyek ini membutuhkan biaya sekitar 8 miliar USD, dari total biaya yang diperlukan, Indonesia menanggung sebesar 20 persen. Kemudian Indonesia akan memperoleh sebanyak 50 jet tempur KF-X pada 2020.

    Kemampuan tempur KF-X dirancang lebih baik daripada pesawat tempur F-16. Jet tempur KF-X diproyeksikan memiliki radius serang lebih tinggi 50 persen dari F-16.

    Badan pesawat KF-X dirancang lebih panjang daripada F-16. Rentang sayapnya pun lebih lebar daripada F-16. Begitu pula kemampuan menampung bahan bakar KF-X lebih banyak daripada F-16.

    Pesawat tempur KFX ini dirancang untuk masuk dalam kelompok pesawat tempur generasi 4,5 yang berarti harus mempunyai 6 kemampuan tempur.

    Pertama, mampu melakukan manuver ekstrim agar mendapat posisi serang paling menguntungkan (Air Combat Manuverability). Kedua, mbisa terbang lincah sehingga harus menggunakan teknologi fly by wire untuk kontrol penerbangannya.

    Kemudian, menggunakan teknologi trust vectoring nozzles yang mampu mengubah-ubah arah semburan gas buang mesin jet agar pesawat tempur mempunyai kemampuan terbang dalam kecepatan rendah dan mampu melakukan belokan tajam.

    Selanjutnya, memiliki kemampuan untuk terbang jelajah pada kecepatan supersonik dalam waktu yang lama. Lalu memiliki radar pesawat tempur berkemampuan menjejak target diluar batas cakrawala atau beyond visual range

    Dan terakhir mempunyai kemampuan menyerap dan membiaskan pancaran radar atau teknologi stealth.

    Jika proyek ini dapat dikebut maka kebanggan Indonesia terhadap kemampuan produksi strategis makin meninggi. Industri pertahanan Indonesia akan disejajarkan dengan negara produsen-produsen pesawat tempur lainnya. [indodefence/mah]

    Sumber: INILAH
    Readmore --> Apa Kabar Proyek Pesawat Tempur Nasional KF-X?

    Wednesday, February 16, 2011 | 9:06 PM | 0 Comments

    Wakasal: Peningkatan Kekuatan Laut Tidak Bisa Ditawar

    Jakarta (ANTARA News) - Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Madya TNI Marsetio mengatakan bahwa peningkatan kekuatan pengamanan laut Indonesia tidak bisa ditawar lagi.

    "Sebagian besar atau dua pertiga wilayah Indonesia adalah laut. Bahkan kawasan ASEAN sebagian besar wilayah perairannya berada di Indonesia," katanya saat memberikan kuliah kepada para mahasiswa Universitas Pertahanan di Jakarta, Rabu.

    Marsetio menuturkan, dengan kondisi itu wajar apabila kepentingan nasional Indonesia bertumpu pada bidang maritim.

    Tak hanya itu, lanjut dia, posisi geografis Indonesia yang berada diantara dua benua dan dua samudera, mengandung konsekuensi yang besar.

    "Terdapat kepentingan banyak negara baik di Asia Pasifik maupun Eropa dan Timur Tengah karena mereka menggunakan sebagian perairan Indonesia," katanya.

    Kondisi itu, lanjut Marsetio, berpotensi terjadinya benturan akibat bertemunya kepentingan negara-negara pengguna laut.

    Dijelaskannya, potensi tersebut dapat menimbulkan berbagai masalah yang merugikan kepentingan nasional Indonesia di laut, seperti ancaman yang diakibatkan sengketa perbatasan, gangguan keamanan dan pelanggaran hukum, eksplorasi dan eksploitasi sumber daya alam laut yang berlebihan dalam rangka perebutan energi.

    "Untuk itu, dalam rangka menjamin kepentingan nasional di laut, diperlukan pembangunan kekuatan laut (sea power) yang melibatkan semua komponen laut/maritim nasional dan itu tidak bisa ditawar-tawar lagi," kata Wakasal

    Kekuatan laut Indonesia merupakan gabungan antara kekuatan TNI AL dengan kekuatan non TNI AL seperti armada perdagangan nasional, armada perikanan, industri jasa maritim dan masyarakat maritim.

    "Peran kekuatan laut di Indonesia harus terus ditingkatkan, disesuaikan dengan perkembangan lingkungan strategis dan pola ancaman yang dihadapi termasuk dampak dari globalisasi," katanya.

    Sumber: ANTARA
    Readmore --> Wakasal: Peningkatan Kekuatan Laut Tidak Bisa Ditawar

    Raytheon melakukan demonstrasi penerbangan beserta senjata menggunakan F 16 IN





    BENGALURU, India
    Raytheon Company (NYSE: RTN)telah menyelesaikan serangkaian demonstrasi penerbangan bebas dari Joint Standoff Weapon (JSOW) AGM-154-C dari F-16IN. Pengujian merupakan bagian dari program tender kompetisi pesawat Multi-Peran Angkatan Udara India(MMRCA)

    JSOW adalah keluarga yang murah, sistem udara-ke-darat senjata yang menggunakan navigasi GPS terintegrasi-inersial dan pencari terminal inframerah yang memandu senjata untuk target. Sistem ini memiliki jangkauan maksimum 130 kilometer (80,5 mil undang-undang) dari ketinggian tinggi dan dapat menembus dinding tebal lebih dari 1,5 meter (5 kaki) dari beton yang sudah diperkuat.

    "Kami melakukan demonstrasi untuk menunjukkan bahwa JSOW-C, yang saat ini terintegrasi dalam berbagai pesawat internasional F-16 , dapat dengan mudah, cepat diakses dan terintegrasi pada F-16IN," kata Phyllis McEnroe, Raytheon's JSOW direktur program. "JSOW terintegrasi pada F/A-18 Super Hornet dan telah bekerja dari platform berkali-kali, jadi tes ini membuktikan bahwa sekarang JSOW digunakan dari penawaran kedua MMRCA AS."

    Program MMRCA merupakan persaingan untuk memperoleh 126 pesawat baru untuk angkatan udara India. Perusahaan Raytheon, dengan 2010 penjualan sebesar $ 25 juta, adalah pemimpin inovasi dan teknologi yang mengkhususkan diri dalam pertahanan, keamanan dalam negeri dan pasar pemerintah lainnya di seluruh dunia. Dengan sejarah inovasi dalam 89 tahun, Raytheon menyediakan negara-of-the art elektronik-, misi integrasi sistem dan kemampuan lain di bidang penginderaan, efek, dan komando, kontrol, komunikasi dan sistem intelijen, serta berbagai layanan dukungan bagi misi. Dengan kantor pusat di Waltham, Mass, Raytheon mempekerjakan 72.000 orang di seluruh dunia
    Readmore --> Raytheon melakukan demonstrasi penerbangan beserta senjata menggunakan F 16 IN

    Kodam Bukit Barisan Membentuk Yonarmed Roket 2

    MEDAN - Komando Daerah Militer I Bukit Barisan menyosilisasikan pokok-pokok pikiran pimpinan Angkatan Darat dalam Rapat Pimpinan yang diiikuti seluruh komandan satuan tempur dan kewilayahan di wilayah Sumatera Bagian Utara di Medan, Rabu.

    Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Leo Siegers mengatakan, Rapat Pimpinan (Rapim) itu juga merupakan wahana untuk menyampaikan kebijakan Kodam guna penyusunan program kerja.

    Menurut Pangdam, pimpinan TNI-AD telah menetapkan tiga kebijakan untuk mencapai postur TNI sesuai Pembangunan Kekuatan Minimum (Minimum Essential Force/MEF).

    Ketiga kebijakan itu adalah pembangunan kekuatan yang meliputi penguatan organisasi, personel, materiil, fasilitas dan pengkalan, jasa dan piranti lunak. Kemudian, kebijakan pembangunan kemampuan meliputi kemampua intelijen, tempur, pembinaan teritorial dan pemberian dukungan bantuan.

    Setelah itu, kebijakan gelar satuan yang diarahkan untuk menata dan mengembangkan organisasi, termasuk menambah kekuatan kewilayahan. Kebijakan itu dilakukan dengan memprioritaskan validitas kesatuan Batalyo Artileri Medan (Yonarmed) 2 menjadi Yonarmed Roket 2 yang bermarkas di kawasan Deli Tua, Kabupaten Deli Serdang, Sumut.

    Demikian juga dengan validasi Batalyon Artileri Pertahanan Udara Sedang (Arhanudse) 13 menjadi Arhanudse Rudal 13 yang bermarkas di Pekanbaru, Riau.Di akhir tahun, akan dilakukan penilaian tentang tingkat keberhasilan dalam menjalankan pokok-pokok pikiran pimpinan TNI AD, termasuk di jajaran Kodam I Bukit Barisan.

    "Nanti, Kasdam (I Bukit Barisan Brigjen TNI Murdjito) yang akan mengumumkan, mana yang kurang," kata Mayjen TNI Leo Siegers.

    Rapim itu diselenggarakan di Balai Prajurit Makodam I Bukit Barisan yang diikuti seluruh komandan satuan tempur dan kewilayahan dari empat provinsi di wilayah Sumbagut yakni Sumut, Sumbar, Riau dan Kepri.

    Sumber: WASPADA
    Readmore --> Kodam Bukit Barisan Membentuk Yonarmed Roket 2

    Indonesia dan Amerika, Pelopor Antiterorisme di Asia Tenggara

    JAKARTA (Pos Kota) – Indonesia dan Amerika Serikat bakal menjadi pelopor dalam sidang membahas penanggulangan terorisme di kawasan Asia Tenggara.

    “Indonesia dan AS yang menjadi vocal point menawarkan sejumlah konsep penanganan terorisme pada Sidang Pertemuan Menteri Pertahanan se-ASEAN yang digelar 22-24 Februari 2011 di Surabaya,” kata Dirjen Strategi Pertahanan Kementerian Pertahanan, Mayjen TNI Puguh Santoso, dalam temu pers di Jakarta, Rabu (16/2).

    Menurut Puguh, usulan Indonesia mencantumkan hal-hal apa yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan menyangkut soal kedaulatan negara. Artinya, jangan sampai penanganan terorisme malah mengintervensi serta mengganggu hubungan antarnegara.

    Misalnya, tidak boleh mencampuri urusan negara lain. Lalu mengembangkan teknologi, dan model pelatihan bagi prajurit dalam menghadapi terorisme dengan mengedepankan HAM.

    Ditambahkan, negara juga harus mewaspadai kemungkinan penggunaan satelit dan nuklir oleh para teroris. “Ini harus diantisipasi. Kita tidak bisa menganggap teroris itu begini-begini saja. Mereka kan terus berkembang,” tegas Puguh.

    Dia mengatakan, usulan AS dalam draft tersebut sama dengan yang diusulkan Indonesia. “Itu merupakan hasil komunikasi kita dengan AS. Jadi AS tentu sudah menyetujui draft kasar,” papar dia.

    Menurut Puguh, apabila ASEAN menyetujui konsep yang ditawarkan akan dibicarakan lagi dengan mitra dari delapan negara lainnya. (ASEAN plus delapan). “Pasti akan akan perdebatan. Cina juga ikut. Belum tentu konsep ini akan diterima begitu saja,” tukas Puguh.

    Sumber: POS KOTA
    Readmore --> Indonesia dan Amerika, Pelopor Antiterorisme di Asia Tenggara

    Indonesia -Korsel Siap Produksi Bersama Dua Buah Kapal Selam Dan Tank

    Kapal Selam Changbogo.

    (WDN/MIK) Indonesia Dan Korsel akan lebih aktif memperkuat kerjasama pertahanan dengan cara memajukan kerjasama bilateral dalam industri pertahanan yang akan meningkat dimasa yang akan datang.

    Kerjasama bilateral dibidang pertahanan merupakan kerjasama jangka panjang .

    Komite Kerjasama Pertahanan Indonesia dan pada bulan September menandatangani nota kesepakatan kesepahaman bersama (MOU) dalam bidang pertahanan. Kesepakatan Komite Kerjasama Pertahanan yaitu kerjasama bilateral untuk memproduksi dua kapal selam dan tank, dan diharapkan Indonesia akan membeli pesawat latih dari Korsel.

    Sumber : HANKOOKI
    Readmore --> Indonesia -Korsel Siap Produksi Bersama Dua Buah Kapal Selam Dan Tank

    The Mean Green Military Machine




    Angkatan bersenjata Amerika prngguna bensin terbesar didunia ,pihak militer bermaksud untuk mengurangi konsumsi minyak yang harganya mahal tanpa menderita kerugian yang signifikan untuk kekuatannya. Bagaimana? Departemen Pertahanan berkomitmen untuk going green, membuat isu strategis untuk energi yang pertama kalinya
    By Jody Ray Bennett for ISN Insights

    ktober lalu, U. S. Angkatan Laut merilis kapal Angkatan Laut pertama yang membawa "bahan bakar ramah lingkungan." Kapal komando panjang 49 kaki bisa mengangkut hingga 24 tentara dan berjalan sepenuhnya pada kombinasi bahan bakar berbasis alga dan solar. Seperti laporan dari Wired, bulan ini terjadi setelah militer meluncurkan jet nya "Green Hornet" pada perayaan Hari Bumi - sebuah "tanpa mengubah F/A-18 Super Hornet [menggunakan] campuran 50 % dari biofuel yang terbuat dari camelina dan bahan bakar tradisional JP-5. " Pada tahun 2009, General Dynamics mendirikan kendaraan darat militer yang berbasis pada teknologi hibrida. Semua ini adalah bagian dari sebuah rencana yang jauh lebih besar bagi Pentagon untuk mengurangi konsumsi minyak tanpa mengorbankan pengurangan yang signifikan untuk ukuran kekuatannya. Ironisnya, sementara departemen energi diam, militer AS adalah yang pertama melihat bahwa bisa terjun produksi minyak, menyebabkan kekurangan akut 2015. Sebagai catatan wali laporan, "pasokan bahan bakar masa depan yang penting akut militer AS karena diyakini menjadi pengguna terbesar"

    Sebagai tanggapan, Pentagon menciptakan sebuah kantor energi baru untuk Energi dan Rencana Operasional Program, bertugas dengan "menemukan jalan bagi pasukan AS untuk mengurangi ketergantungan berbahaya pada minyak." Menurut Sharon Burke, direktur kantor Pentagon baru, operasi militer AS account untuk sebagian besar penggunaan energi total pemerintah federal - tahun lalu, anggaran energi untuk angkatan bersenjata AS mencapai 13,4 miliar dolar AS. Dalam sebuah wawancara, Burke mengatakan "Penggunaan energi federal, [tersebut (DoD) Departemen Pertahanan] menyumbang sekitar 80 persen atau lebih. Sebagai pengguna dari total energi dalam ekonomi AS, lebih dekat dengan satu persen, sebuah [signifikan statistik] untuk sebuah institusi tunggal "." Tahun lalu, "ia menyatakan," 70 persen dari biaya dan 75 persen dari jumlah itu untuk operasi [itu] militer Itu hampir 121 juta barel setara minyak .. "Satu catatan laporan bahwa angka konsumsi yang agak miring karena "Departemen Pertahanan tidak termasuk energi yang dikonsumsi dalam berbagai komunitas perumahan keluarga militer

    Dengan tingkat konsumsi seperti besar, ironisnya DoD telah mendirikan sebuah situs Web "DoD go green" dengan sebuah paduan suara bahan hubungan masyarakat, mengulangi inovasi terbaru dalam "hijau" Departemen, isu-isu kesadaran energi dan inisiatif Penghematan biaya. "Militer AS melakukan hal yang benar tetapi tidak melakukan baik Perhatikan terlalu banyak instalasi energi (energi yang dikonsumsi di gedung-gedung dan platform) di tempat energi operasional (. Energi yang digunakan untuk menjalankan kendaraan taktis, terutama kendaraan pesawat udara dan tanah). Sebagian besar energi operasional adalah minyak inisiatif terbaru seperti bahan bakar sintetis dan biofuel tidak obat.. Hijau energi seperti matahari, angin, dsb, bisa langsung fasilitas tersebut. Ini adalah dilema menghadapi Departemen Pertahanan, "Dr sohbet Karbuz, seorang analis energi mengatakan ISN militer Wawasan. Untuk alasan yang jelas, apa yang hilang dari situs Web adalah statistik mengejutkan dari studi review 2009 oleh Princeton University yang berusaha untuk menentukan biaya pemeliharaan udara

    GLOBAL EFEK

    "Harga minyak Membubung dalam beberapa tahun terakhir memiliki dampak yang cukup besar dan beban angkatan bersenjata di banyak negara. Banyak telah mencari cara untuk mengurangi rasa sakit harga minyak yang tinggi. Beberapa (seperti angkatan laut Prancis dan angkatan udara Portugis) menganggap masalah ini sebagai jangka pendek tren dan berusaha mencari solusi sementara untuk membatalkan beberapa misi dan mencoba untuk mengisi bahan bakar di tempat (port misalnya) di mana harga bahan bakar yang lebih rendah, "jelas Dr Karbuz.

    "Beberapa militer mengambil visi jangka panjang. angkatan bersenjata Cina mulai memotong biaya dan mengurangi penggunaan energi dalam menanggapi panggilan pemerintah untuk sumber daya masyarakat yang efisien dan ramah lingkungan -.. tentara dianggap sebagai pendorong utama pasukan militer Kanada mulai berkonsentrasi pada efisiensi energi untuk mengurangi biaya bahan bakar untuk tujuan ini membuat kantor baru untuk memantau konsumsi bahan bakar dan standar yang ditetapkan dan prosedur untuk penggunaan sumber energi alternatif .. militer Korea Selatan untuk mengambil langkah-langkah untuk menyimpan minyak dengan meminimalkan operasi lapangan, pelatihan dan mobilisasi kendaraan Departemen Pertahanan Inggris. membentuk sebuah forum untuk melihat semua aspek penggunaan bahan bakar selama belajar inisiatif untuk menghemat energi, bagaimanapun, tidak ada pasukan militer yang saya sebutkan di atas adalah sebagai komitmen dan didefinisikan sebagai militer AS,. " katanya.

    Berkomitmen, ya. Menteri Pertahanan Robert Gates mengidentifikasi masalah energi sebagai prioritas utama transformasional 25 departemen, dan 2010 energi yg berlangsung empat tahun diproses untuk pertama kalinya sebagai isu strategis. Tetapi sementara Pentagon telah di banyak daerah yang berkaitan dengan energi terbarukan, itu belum membuat prioritas, jatuh kembali retorika sebelum perubahan institusional yang signifikan. "Karena militer AS berjalan pada minyak, minyak menjadi isu kebijakan luar negeri. "Dalam contoh konsumsi minyak AS di luar negeri," kata Dr Karbuz. Dia menunjuk laporan tanggal 21 Desember 2010, staf mayoritas subkomite dari U. S. House dan Keamanan Nasional asing berjudul, The Manas Misteri berkata.:: blind spot strategis dalam kontrak untuk bahan bakar dari Departemen Pertahanan di Kyrgyzstan

    "Dampak tidak langsung dari kurangnya kontrol strategis AS bahan bakar yang pihak di Asia Tengah telah signifikan. Dugaan korupsi dalam kontrak Manas telah dihubungkan dengan dua revolusi di Kyrgyzstan dan memimpin persepsi publik luas - bersama oleh Pejabat Presiden Rosa Otunbayeva dan banyak elit politik - bahwa Amerika Serikat secara melawan hukum dan sengaja menggunakan kontrak bahan bakar untuk menyuap dua mantan presiden Kyrgyzstan. "
    Readmore --> The Mean Green Military Machine

    Industri pertahanan Mesir bergantung pada Amerika



    CAIRO, Feb. 15 (UPI)Peran Washington dalam mempersenjatai Mesir dan memperkuat industri pertahanan selama tiga dekade terakhir telah menjadi faktor kunci dalam menentukan bagaimana militer negara itu menangani pengusiran dari Presiden Hosni Mubarak awal bulan ini.

    industri senjata Mesir adalah yang tertua, terbesar dan paling berteknologi maju di dunia Arab. pembentukan militer negara besar, yang memiliki aktivitas ekonomi yang besar, sebagian besar didanai oleh nilai 1.3 miliar juta dolar per tahun bantuan militer AS

    Dengan demikian, para jenderal berkuasa di Kairo bahkan dapat membentuk pemerintahan baru sesuai untuk menjaga Amerika manis untuk mengikuti garis Washington. Fakta bahwa angkatan bersenjata Mesir - dengan 500.000 orang berseragam dan jumlah yang sama dilengkapi dengan sistem senjata Amerika Serikat memberikan pengaruh Washington signifikan atas lembaga penting militer dan lainnya. Ini tentunya dalam bermain dalam beberapa minggu terakhir

    "Kami memiliki hubungan yang sangat kuat dengan militer Mesir," kata Angkatan Laut Amerika Serikat Laksamana Mike Mullen, ketua Gabungan Kepala Staf AS, pada hari Senin saat berkunjung ke Timur Tengah. "Kami terus tetap berhubungan sangat erat dengan mitra kami di tentara Mesir ... Saya pikir mereka sudah menangani situasi ini dengan sangat baik

    Para pemimpin militer Mesir telah meyakinkan mereka bahwa perjanjian perdamaian Israel dari Maret 1979 tengara tetap utuh meskipun gejolak politik dan runtuhnya Mubarak, yang tekun terus perjanjian sepanjang 30 tahun pemerintahan-nya, walaupun nasional oposisi untuk itu. Perjanjian adalah dasar strategi AS di Timur Tengah, terutama terjadi dalam gelombang saat kerusuhan politik, dunia Arab.

    Sejak perjanjian ditandatangani di Camp David di Amerika Serikat, Mesir telah menerima hampir $ 36 miliar di bantuan militer, membuat Mesir penerima terbesar kedua bantuan tersebut setelah Israel. Jane's Information Group mengatakan, total bantuan AS sekitar sepertiga dari anggaran pertahanan Mesir sekitar $ 5 milyar, walaupun orang lain memperkirakan itu empat atau lima kali lebih tinggi. Para jenderal di Kairo akan enggan untuk melihat bahwa aliran bantuan untuk kering. Jadi akan sektor pertahanan AS, yang pada hari-hari penyelamatan ekonomi tersebut tergantung pada penjualan asing untuk mempertahankan jalur produksi dan mengembangkan sistem baru.

    dana AS harus dikeluarkan pada peralatan AS dan layanan dan dengan demikian menjadi subsidi yang efektif untuk kontraktor AS. Lockheed Martin, Boeing, General Electric, Raytheon, General Dynamics dan BAE Systems semua bisnis besar melakukan dengan Kairo untuk menjual jet tempur, tank, radar, artileri dan perangkat keras lainnya ke Mesir. Pada tahun 2010, Lockheed telah membayar $ 213juta untuk batch baru dari 20 F-16 untuk angkatan udara Mesir, yang memiliki beberapa 180 dari penempur yang dibangun AS. Mesir, yang membuat operator F-16 terbesar keempat.

    Lockheed Martin telah mendapat laba sekitar $ 380 miliar F-16 dan penjualan lainnya ke Mesir. Boeing, yang menjual helikopter di Kairo-47 Chinook CH, memperoleh $ 170 miliar untuk tahun ini. General Dynamics Land Systems memiliki akumulasi sekitar 2,5 miliar dolar dengan lisensi pembuatan tank M1A1 Abrams di Mesir. Jane mengatakan industri pertahanan Mesir ditandai dengan "secara tidak langsung pelampung pendanaan oleh Amerika Serikat. "Asal-usul industri militer di Mesir kembali pada 1820, ketika pemimpin hari, Muhammad Ali, telah pertama kali didirikan sejumlah pabrik untuk pembuatan senjata ringan, artileri , amunisi dan kapal perang.

    Kemudian ia memasuki sebuah penurunan panjang, sebelum dibawa pada tahun 1960 di bawah Gamal Abdel Nasser, yang telah meluncurkan program ambisius, tapi akhirnya gagal, untuk membangun pembom dan rudal jarak jauh, membantu oleh para ilmuwan Jerman yang membangun V1 dan V2 roket Adolf Hitler. Pada bulan April 1975, orang Mesir menciptakan Organisasi Arab untuk Industrialisasi dengan negara-negara Arab lainnya untuk memproduksi senjata dan peralatan militer lainnya. Perusahaan ini singkat, namun pemain dirangsang oleh Mesir untuk membangun peralatan militer sendiri. Sebagai akibat dari perang 1973 dengan Israel, rezim Kairo telah berkembang industri.

    Ketika Mesir bertolak keluar dari alutsista Soviet pada awal tahun 1970 dan pindah ke Amerika, industri tinggal landas, membangun senjata AS di bawah lisensi dan ekspor ke negara-negara regional. Lebih dari 1.000 tank Abrams telah diproduksi di pabrik-pabrik di pinggiran Kairo. Lainnya milik negara perusahaan, dikendalikan oleh Otorita Persenjataan dan Organisasi Militer Nasional Produksi, pembuatan senjata ringan dan amunisi dari semua rudal artileri kaliber, dan peralatan komunikasi

    Sumber : UPI
    Readmore --> Industri pertahanan Mesir bergantung pada Amerika

     

    Pengikut

    Copyright © 2010 - All right reserved | Template design by ADMIN | Published by MAJU INDONESIA KU
    Proudly powered by Blogger.com | Best view on mozilla, internet explore, google crome and opera.