ALUTSISTA ARDAVA BERITA HANKAM CAKRA 401 SUBMARINE DEFENSE STUDIES INDO-DEFENSE INDONESIA DEFENSE INDONESIA TEKNOLOGI RINDAM V BRAWIJAYA THE INDO MILITER
Formil MIK Formil Kaskus Formil Detik.COM
PT.DI LAPAN LEN NUKLIR PAL PINDAD RADAR RANPUR ROKET RUDAL SATELIT SENJATA TANK/MBT UAV
TNI AD TNI AL TNI AU
HELIKOPTER KAPAL ANGKUT KAPAL INDUK KAPAL LATIH KAPAL PATROLI KAPAL PERANG KAPAL PERUSAK KAPAL SELAM PESAWAT TEMPUR PESAWAT ANGKUT PESAWAT BOMBER PESAWAT LATIH PESAWAT PATROLI PESAWAT TANKER
KOPASSUS PASUKAN PERDAMAIAN PERBATASAN
  • PERTAHANAN
  • POLRI POLISI MILITER
  • PBB
  • NATO BIN DMC TERORIS
    AMERIKA LATIN AMERIKA UTARA BRASIL USA VENEZUELA
    AFGANISTAN ETHIOPIA IRAN ISRAEL KAZAKHTAN KYRGYZTAN LEBANON LIBYA MESIR OMAN PALESTINA TIMUR TENGAH YAMAN
    ASEAN AUSTRALIA Bangladesh BRUNAI CHINA INDIA INDONESIA JEPANG KAMBOJA KORSEL KORUT
    MALAYSIA Selandia Baru PAKISTAN PAPUA NUGINI Filipina SINGAPURA SRI LANGKA TAIWAN TIMOR LESTE
    BELANDA BULGARIA INGGRIS ITALIA JERMAN ROMANIA RUSIA UKRAINA
    MIK News empty empty R.1 empty R.2 empty R.3 empty R.4

    Tuesday, August 14, 2012 | 7:56 AM | 0 Comments

    RITech Expo, Pameran Inovasi Untuk Kemandirian Bangsa Indonesia

    Bandung - Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harteknas) ke-17, ITB berpartisipasi sebagai salah satu panitia penyelenggara RITech Expo bersama dengan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) dan berbagai institusi terkait lainnya. Bertempat di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) Bandung, RITech Expo yang digelar pada Rabu hingga Sabtu (08-11/08/12) ini merupakan pameran tahunan yang menampilkan berbagai hasil riset dan inovasi teknologi di tanah air.

    Dalam sambutannya, Menristek Gusti Muhammad Hatta mengatakan bahwa RITech Expo merupakan momentum yang tepat untuk meningkatkan kontribusi IPTEK bagi kesejahteraan rakyat. Tema "Inovasi untuk Kemandirian Bangsa" pun diusung sebagai tema utama pada tahun ini. Menurut Muhammad Hatta, tema ini dipilih agar penelitian dan pengembangan IPTEK lebih bertumpu pada kebutuhan riil masyarakat, sehingga dapat dicari solusi untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat serta mendorong pemenuhan kebutuhan riset yang aplikatif.

    Terdapat sekitar 150 booth yang terdiri dari 103 booth indoor dan 47 booth outdoor yang meramaikan pameran ini. Pada booth-booth tersebut, ditampilkan produk-produk unggulan dari masing-masing koridor ekonomi Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) berupa hasil-hasil riset dan inovasi dari berbagai lembaga litbang kementrian/lembaga, litbang pemerintah daerah, litbang universitas dan penggiat IPTEK Indonesia.

    Selain berbagai booth, terdapat pula 17 wahana karnaval pada RITech Expo ini. Berbagai macam wahana karnaval ditampilkan seperti mobil listrik berplatform tunggal ITB, pupuk hayati petro biofertil, serta berbagai wahana menarik lainnya seperti wahana dari Kementerian Pertahanan dan Keamanan. Wahana dari Kemenhankam ini memamerkan berbagai perlengkapan Kepolisian Negara Republik Indonesia seperti komputer pengenal raut wajah, ATM Biometric, dan alat pengenal sidik jari.

    Salah satu wahana karnaval inovatif lainnya yang cukup menyedot perhatian massa adalah pesawat Jabiru J-430 hasil rakitan SMKN 12 Bandung. Jabiru J-430 merupakan pesawat bertipe sport dengan kapasitas maksimum 4 orang, dan mampu terbang hingga ketinggian terbang 2.700 meter dan kecepatan jelajah 108 knot. Selain itu, wahana karnaval menarik lainnya adalah mobil listrik yang dirakit menyerupai mobil balap hasil rakitan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). "Banyak sekali hal-hal menarik di pameran ini, seperti pesawat sporty dan mobil balap elektrik. Melihat karya-karya inovatif yang dipamerkan disini membuat kami terinspirasi untuk ikut menyumbangkan ide dan suatu hasil karya inovatif lainnya di kemudian hari," ujar Rani Widiyansyah, salah satu pelajar dari SMKN 6 Bandung yang mengunjungi RITech Expo bersama teman-temannya.

    RITech Expo 2012 diselenggarakan sebagai bagian dari upaya untuk mendorong peningkatan pemanfaatan hasil-hasil inovasi untuk peningkatan daya saing industri. Selain itu, pameran ini juga diharapkan dapat membantu menyelesaikan berbagai permasalahan masyarat dan membangkitkan budaya inovasi dikalangan masyarakat.

    Sumber : ITB

    Berita Terkait:

    0 komentar:

    Post a Comment

     
    Copyright © 2010 - All right reserved | Template design by ADMIN | Published by MAJU INDONESIA KU
    Proudly powered by Blogger.com | Best view on mozilla, internet explore, google crome and opera.