ALUTSISTA ARDAVA BERITA HANKAM CAKRA 401 SUBMARINE DEFENSE STUDIES INDO-DEFENSE INDONESIA DEFENSE INDONESIA TEKNOLOGI RINDAM V BRAWIJAYA THE INDO MILITER
Formil MIK Formil Kaskus Formil Detik.COM
PT.DI LAPAN LEN NUKLIR PAL PINDAD RADAR RANPUR ROKET RUDAL SATELIT SENJATA TANK/MBT UAV
TNI AD TNI AL TNI AU
HELIKOPTER KAPAL ANGKUT KAPAL INDUK KAPAL LATIH KAPAL PATROLI KAPAL PERANG KAPAL PERUSAK KAPAL SELAM PESAWAT TEMPUR PESAWAT ANGKUT PESAWAT BOMBER PESAWAT LATIH PESAWAT PATROLI PESAWAT TANKER
KOPASSUS PASUKAN PERDAMAIAN PERBATASAN
  • PERTAHANAN
  • POLRI POLISI MILITER
  • PBB
  • NATO BIN DMC TERORIS
    AMERIKA LATIN AMERIKA UTARA BRASIL USA VENEZUELA
    AFGANISTAN ETHIOPIA IRAN ISRAEL KAZAKHTAN KYRGYZTAN LEBANON LIBYA MESIR OMAN PALESTINA TIMUR TENGAH YAMAN
    ASEAN AUSTRALIA Bangladesh BRUNAI CHINA INDIA INDONESIA JEPANG KAMBOJA KORSEL KORUT
    MALAYSIA Selandia Baru PAKISTAN PAPUA NUGINI Filipina SINGAPURA SRI LANGKA TAIWAN TIMOR LESTE
    BELANDA BULGARIA INGGRIS ITALIA JERMAN ROMANIA RUSIA UKRAINA
    MIK News empty empty R.1 empty R.2 empty R.3 empty R.4

    Thursday, January 6, 2011 | 10:15 PM | 0 Comments

    Diduga Pesawat, Lanud Iswahyudi Akan Telusuri Sumber Ledakan

    Illustrasi F-16 Melakukan Sonic Boom.


    Surabaya - Suara ledakan keras di udara Kota Kediri diduga berasal dari pesawat latih milik TNI AU. Dugaan awal, suara itu berasal dari sonic boom pesawat yang sedang melakukan proses tes terbang (flight test).

    Untuk itu, Kepala Penerangan dan Perpustakaan (Kapentak) Lanud Iswahyudi, Madiun, Mayor Sutrisno, saat dihubungi detiksurabaya.com, Kamis (6/1/2011) berjanji akan menelusuri suara ledakan yang mengagetkan warga Kota Kediri.

    Menurut Mayor Sutrisno, latihan tersebut biasanya memang rutin dilakukan untuk mencoba kemampuan terbang pesawat setelah melalui proses service. Sebelum dioperasikan, setiap pesawat memang wajib melalui flight tes.

    Namun, dia mengaku masih belum tahu persis apakah ada pesawat latih yang melakukan flight test antara pukul 13.00 WIB hingga 14.00 WIB.

    "Saya masih belum mendapat laporan. Namun, dugaan awal saya, itu hanya tes terbang atau flight test seperti biasa. Sebelum pesawat dioperasikan, memang harus melalui tes terbang terlebih dahulu," tutur Kepala Penerangan dan Perpustakaan Lapangan Udara Iswahyudi, Mayor Sutrisno.

    Bila memang ada kerusakan atau ledakan pesawat, lanjut Mayor Sutrisno, pasti ada
    kepingan yang berhamburan di udara. Namun, hingga sore ini pihaknya belum mendapat laporan apapun.

    "Suara ledakan mungkin berasal dari sonic boom atau seperti pada motor saat masuk porsneling 1 lalu tancap gas. Kalau memang ada kerusakan, misalnya ledakan pesawat, kepingannya pasti berhamburan di udara," tambahnya.

    Seperti dikutip dari wikipedia, sonic boom adalah istilah bagi gelombang kejut di udara yang dapat ditangkap telinga manusia. Istilah ini umumnya digunakan untuk merujuk kepada kejutan yang disebabkan pesawat-pesawat supersonik.

    Saat pesawat terbang melebihi kecepatan suara, muncullah gelombang kejut pada bagian tertentu pesawat. Gelombang kejut adalah daerah di udara dimana terjadi perubahan (tekanan udara, temperatur, densitas) secara dadakan. Gelombang kejut ini merambat dalam bentuk kerucut dan bisa sampai ke permukaan tanah, membuat pekak dan memecahkan kaca.

    Sebelumnya, sekitar pukul 13.00 WIB hingga 14.00 WIB, warga Kota Kediri mengaku mendengar suara ledakan keras di udara. Sebagian masyarakat menduga, sumber ledakan tersebut berasal dari pesawat tempur yang melintas di atas Kota Kediri.

    Sumber: DETIK

    Berita Terkait:

    0 komentar:

    Post a Comment

     
    Copyright © 2010 - All right reserved | Template design by ADMIN | Published by MAJU INDONESIA KU
    Proudly powered by Blogger.com | Best view on mozilla, internet explore, google crome and opera.