ALUTSISTA ARDAVA BERITA HANKAM CAKRA 401 SUBMARINE DEFENSE STUDIES INDO-DEFENSE INDONESIA DEFENSE INDONESIA TEKNOLOGI RINDAM V BRAWIJAYA THE INDO MILITER
Formil MIK Formil Kaskus Formil Detik.COM
PT.DI LAPAN LEN NUKLIR PAL PINDAD RADAR RANPUR ROKET RUDAL SATELIT SENJATA TANK/MBT UAV
TNI AD TNI AL TNI AU
HELIKOPTER KAPAL ANGKUT KAPAL INDUK KAPAL LATIH KAPAL PATROLI KAPAL PERANG KAPAL PERUSAK KAPAL SELAM PESAWAT TEMPUR PESAWAT ANGKUT PESAWAT BOMBER PESAWAT LATIH PESAWAT PATROLI PESAWAT TANKER
KOPASSUS PASUKAN PERDAMAIAN PERBATASAN
  • PERTAHANAN
  • POLRI POLISI MILITER
  • PBB
  • NATO BIN DMC TERORIS
    AMERIKA LATIN AMERIKA UTARA BRASIL USA VENEZUELA
    AFGANISTAN ETHIOPIA IRAN ISRAEL KAZAKHTAN KYRGYZTAN LEBANON LIBYA MESIR OMAN PALESTINA TIMUR TENGAH YAMAN
    ASEAN AUSTRALIA Bangladesh BRUNAI CHINA INDIA INDONESIA JEPANG KAMBOJA KORSEL KORUT
    MALAYSIA Selandia Baru PAKISTAN PAPUA NUGINI Filipina SINGAPURA SRI LANGKA TAIWAN TIMOR LESTE
    BELANDA BULGARIA INGGRIS ITALIA JERMAN ROMANIA RUSIA UKRAINA
    MIK News empty empty R.1 empty R.2 empty R.3 empty R.4

    Monday, May 10, 2010 | 9:09 PM | 0 Comments

    Gedung Pusat Ilmu Robotika Nasional Diresmikan


    Surabaya - Gedung Pusat Ilmu Robotika Nasional yang terletak di kompleks Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya telah diresmikan.

    "Nantinya, gedung yang diresmikan pada 23 April itu juga akan difungsikan sebagai pusat penelitian dan pengembangan energi alternatif," kata Pembantu Rektor (PR) III ITS Surabaya Prof dr Suasmoro di Surabaya, Senin.

    Menurut dia, gedung yang pembangunannya menelan biaya Rp50 miliar itu diresmikan lebih awal dari rencana karena digunakan kegiatan mahasiswa yakni Pekan Ilmiah Mahasiswa ITS (PIMITS).

    "Bangunan yang didirikan di atas lahan Techno Park ITS itu akan menjadi pusat pengembangan robotika di ITS, terutama untuk mendukung kompetisi robotika tahunan," katanya.

    Di bidang industri, gedung itu nantinya tidak hanya melayani bidang otomasi, namun juga mejadi pusat pelayanan industri yang membutuhkan desain robot tertentu.

    Senada dengan itu, Pembantu Dekan III Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) ITS Ir Mudji Irmawan MS mengatakan seluruh bangunan sudah berdiri tegak dengan arsitektur yang khas menjulang tinggi.

    "Dengan bangunan inti terdiri dari arena dan laboratorium.

    Untuk diskripsi bangunan pada bagian arena terdapat lapangan yang bisa difungsikan sebagai tempat untuk lomba robotika, kegiatan mahasiswa, pameran, seminar dan lain-lain," katanya.

    Sementara ruang laboratorium difungsikan sebagai pusat pembuatan robot-robot yang mutakhir dan juga pusat penelitian dan pengembangan energi alternatif sebagai upaya untuk mencari solusi energi masa depan.

    "Ada pula tribun penonton berkapasitas 1.000 orang dengan ruangan pendukung lainnya seperti stage (panggung), ruang ganti, paddock, toilet dan lainnya," katanya.

    Bahkan, beberapa laboratorium sudah difungsikan, antara lain laboratorium Simulator Industri, Mobile Robot dan "Broter" (Robot untuk gambar).

    "Pembangunan gedung yang dibiayai oleh APBN itu tinggal menyisakan beberapa komponen pendukung yang belum terpasang, seperti AC (Air Conditioner), peralatan laboratorium, akses jalan utama dan komponen lainnya, sehingga layak," katanya.

    Selain Pusat robotika, ITS saat ini juga memiliki gedung NaSDEC (National Ship Design and Engineering Centre), pusat penelitian dan pengembangan Perkapalan dan Kemaritiman di Indonesia.

    Sumber: ANTARA

    Berita Terkait:

    0 komentar:

    Post a Comment

     
    Copyright © 2010 - All right reserved | Template design by ADMIN | Published by MAJU INDONESIA KU
    Proudly powered by Blogger.com | Best view on mozilla, internet explore, google crome and opera.