ALUTSISTA ARDAVA BERITA HANKAM CAKRA 401 SUBMARINE DEFENSE STUDIES INDO-DEFENSE INDONESIA DEFENSE INDONESIA TEKNOLOGI RINDAM V BRAWIJAYA THE INDO MILITER
Formil MIK Formil Kaskus Formil Detik.COM
PT.DI LAPAN LEN NUKLIR PAL PINDAD RADAR RANPUR ROKET RUDAL SATELIT SENJATA TANK/MBT UAV
TNI AD TNI AL TNI AU
HELIKOPTER KAPAL ANGKUT KAPAL INDUK KAPAL LATIH KAPAL PATROLI KAPAL PERANG KAPAL PERUSAK KAPAL SELAM PESAWAT TEMPUR PESAWAT ANGKUT PESAWAT BOMBER PESAWAT LATIH PESAWAT PATROLI PESAWAT TANKER
KOPASSUS PASUKAN PERDAMAIAN PERBATASAN
  • PERTAHANAN
  • POLRI POLISI MILITER
  • PBB
  • NATO BIN DMC TERORIS
    AMERIKA LATIN AMERIKA UTARA BRASIL USA VENEZUELA
    AFGANISTAN ETHIOPIA IRAN ISRAEL KAZAKHTAN KYRGYZTAN LEBANON LIBYA MESIR OMAN PALESTINA TIMUR TENGAH YAMAN
    ASEAN AUSTRALIA Bangladesh BRUNAI CHINA INDIA INDONESIA JEPANG KAMBOJA KORSEL KORUT
    MALAYSIA Selandia Baru PAKISTAN PAPUA NUGINI Filipina SINGAPURA SRI LANGKA TAIWAN TIMOR LESTE
    BELANDA BULGARIA INGGRIS ITALIA JERMAN ROMANIA RUSIA UKRAINA
    MIK News empty empty R.1 empty R.2 empty R.3 empty R.4

    Monday, August 2, 2010 | 10:25 AM | 0 Comments

    Lapan Akan Bangun Bandar Antariksa di Bengkulu

    RX-420

    Jakarta - Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (Lapan) akan meluncurkan roket pengorbit satelit (RPS) yang pertama pada 2014 mendatang. Guna mewujudkan hal itu, Lapan terlebih dulu akan membangun bandar antariksa di Bengkulu.

    "Guna meluncurkan RPS, Lapan memerlukan bandar antariksa profesional yang berfungsi sebagai fasilitas untuk meluncurkan roket pengantar satelit ke orbitnya," kata Kabag Humas Lapan Elly Kuntjahyowati dalam rilisnya pada detikcom, Senin (2/8/2010).

    Pulau Enggano di Provinsi Bengkulu dianggap sebagai tempat yang pas untuk pembangunan bandar antariksa. Pasalnya, Enggano memiliki populasi penduduk yang tidak terlalu banyak dan tidak berhubungan langsung dengan wilayah negara lain. Selain itu, Enggano juga memiliki luas wilayah yang luas dan lingkungan aman.

    "Pulau Enggano di Provinsi Bengkulu merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang memenuhi persyaratan sebagai bandar antariksa. Untuk itulah, Lapan dan Pemerintah Provinsi Bengkulu akan bekerja sama membangun fasilitas peluncuran roket di pulau tersebut," katanya.

    Enggano dianggap cukup ideal karena memiliki kawasan luas yang masih kosong. Selain letaknya strategis, pulau yang berada di selatan Bengkulu ini juga berhadapan langsung dengan laut bebas, yaitu Samudera Hindia.

    Dengan demikian, wilayahnya aman dan memiliki risiko yang kecil akibat kegiatan peluncuran roket. Selain bekerja sama untuk fasilitas peluncuran roket, kedua instansi juga akan bekerja sama dalam bidang teknologi dirgantara lainnya. Bidang tersebut adalah pemanfaatan data penginderaan jauh dan sains antariksa untuk pengembangan provinsi Bengkulu, serta pengembangan sumber daya manusia.

    Sebelumnya, Lapan telah memiliki fasilitas peluncur satelit di Pameungpeuk, Jawa Barat. Fasilitas tersebut selama ini digunakan untuk meluncurkan berbagai roket eksperimen hasil penelitian dan pengembangan Lapan. Namun, untuk meluncurkan roket pengorbit satelit yang berukuran besar, Lapan membutuhkan bandar antariksa yang lebih luas.

    Untuk mewujudkan terbangunnya bandar antariksa di Pulau Enggano, Lapan dan Pemerintah Provinsi Bengkulu akan menandatangani naskah kerja sama pada Senin, 2 Agustus 2010 pukul 09.00 WIB di kantor pusat Lapan, Jl. Pemuda Persil No. 1, Rawamangun, Jakarta Timur.

    Sumber: DETIK

    Berita Terkait:

    0 komentar:

    Post a Comment

     
    Copyright © 2010 - All right reserved | Template design by ADMIN | Published by MAJU INDONESIA KU
    Proudly powered by Blogger.com | Best view on mozilla, internet explore, google crome and opera.