ALUTSISTA ARDAVA BERITA HANKAM CAKRA 401 SUBMARINE DEFENSE STUDIES INDO-DEFENSE INDONESIA DEFENSE INDONESIA TEKNOLOGI RINDAM V BRAWIJAYA THE INDO MILITER
Formil MIK Formil Kaskus Formil Detik.COM
PT.DI LAPAN LEN NUKLIR PAL PINDAD RADAR RANPUR ROKET RUDAL SATELIT SENJATA TANK/MBT UAV
TNI AD TNI AL TNI AU
HELIKOPTER KAPAL ANGKUT KAPAL INDUK KAPAL LATIH KAPAL PATROLI KAPAL PERANG KAPAL PERUSAK KAPAL SELAM PESAWAT TEMPUR PESAWAT ANGKUT PESAWAT BOMBER PESAWAT LATIH PESAWAT PATROLI PESAWAT TANKER
KOPASSUS PASUKAN PERDAMAIAN PERBATASAN
  • PERTAHANAN
  • POLRI POLISI MILITER
  • PBB
  • NATO BIN DMC TERORIS
    AMERIKA LATIN AMERIKA UTARA BRASIL USA VENEZUELA
    AFGANISTAN ETHIOPIA IRAN ISRAEL KAZAKHTAN KYRGYZTAN LEBANON LIBYA MESIR OMAN PALESTINA TIMUR TENGAH YAMAN
    ASEAN AUSTRALIA Bangladesh BRUNAI CHINA INDIA INDONESIA JEPANG KAMBOJA KORSEL KORUT
    MALAYSIA Selandia Baru PAKISTAN PAPUA NUGINI Filipina SINGAPURA SRI LANGKA TAIWAN TIMOR LESTE
    BELANDA BULGARIA INGGRIS ITALIA JERMAN ROMANIA RUSIA UKRAINA
    MIK News empty empty R.1 empty R.2 empty R.3 empty R.4

    Friday, July 30, 2010 | 11:56 PM | 0 Comments

    PAGAR PELINDUNG SETINGGI 3 METER UNTUK KESATRIAAN INDOBAT DI LEBANON SELATAN

    PUSPEN TNI (30/7),- Pembuatan perimeter atau pagar pelindung disekeliling kesatriaan/ compound Satuan Tugas Batalyon Mekanis Kontingen Garuda XXIII-D/Unifil (Indonesian Battalion/ Indobatt) dalam waktu-waktu terakhir ini dilakukan oleh salah satu peleton andalan berjumlah dua puluh dua orang, yang berada di Kompi Bantuan (Support-Coy) yakni Peleton Zeni dibawah kepemimpinan Lettu Mar Zainal (Danton Zeni), memasang perimeter sekeliling markas batalyon Indobatt UN Posn 7-1 desa Adshit Al-Qusayr.

    Pekerjaan ini, menurut Lettu Mar Zainal dimulai dari pemasangan ‘Hesco Bastian’ untuk membuat perimeter di seluruh compound Indobatt. Hesco Bastian ini merupakan salah satu material yang memiliki banyak sekali fungsi, diantaranya untuk membuat shelter (kubu pertahanan atau lubang perlindungan) atau untuk membangun semacam bungker perlindungan apabila terjadi peningkatan eskalasi situasi gawat darurat akibat adanya ancaman peperangan. Disamping itu juga, ‘Hesco Bastian’ dapat pula digunakan untuk membuat perimeter atau semacam pagar pelindung dengan tinggi 2,061 meter atau 3 meter disesuaikan dengan medan dan dipasang mengelilingi compound.

    Dasar dalam pekerjaan ini adalah isi berita (frago) berupa tugas yang di berikan oleh UNIFIL (United Nations Interim Force In Lebanon) kepada seluruh personil Engineering yang melaksanakan tugas di Lebanon, salah satunya adalah personil Engineering dari Kontingen Indobatt, “Sebelumnya Hesco Bastian ini belum pernah diketahui sebelumnya oleh personil Peleton Zeni namun dampak positif dari kegiatan ini adalah anggota bertambah pengetahuan dan pengalamannya. Serta dengan adanya pemasangan ini pula dapat memberikan keamanan yang tinggi bagi kompi-kompi yang ada di Indobatt karena tempat atau compound yang di miliki oleh Indobatt merupakan medan terbuka dan sangat-sangat rawan terhadap serangan ataupun tembakan lintas datar musuh”, katanya.

    Sementara itu, menurut penjelasan Lettu Inf Arif Widyanto selaku Perwira Force Protection Indobatt, yang menentukan posisi dan kedudukannya yang strategis, pemasangan Hesco bastian yang sedang dikerjakan sampai saat ini adalah di kompi D , Kompi E dan markas satgas (UN Posn 7-1) berdasarkan Frago no.207 (To build a wall with T-wall or Hescos in order to protect the entire perimeter). Pemasangan Hesco bastian di kompi A (UN Posn 9-63) berdasarkan Frago no.226 (Improve the perimeter fence with Hesco Bastian) dikerjakan dari 25 Maret sampai sekarang. Kemudian, telah selesainya pemasangan Hesco Bastian di PB MAR Kompi B (UN Posn 8-33), berdasarkan Frago no.232 (To install some Hescos to protect the generator buiding) pada bulan Januari 2010. Dan prestasi selanjutnya yang membanggakan adalah telah selesainya pemasangan Hesco Bastian di Kompi C (UN Posn 9-2), berdasarkan Frago no.211 (Increase the protection to the position by installing Hescos at least 2 or 3meters high in the parking side long perimeter) pada bulan Maret 2010.

    Lebih lanjut, Danton Zeni menjelaskan teknik pelaksanaan kegiatan pemasangan perimeter ini. Sebelum memasang Hesco Bastian untuk dibuat perimeter; terlebih dahulu harus mengajukan permintaan atau e-Request kepada UNIFIL dengan membuat Engineer Works Request (EWR) dan Aggregates Delivery Request (ADR). Setelah mendapat jawaban dari Engineering Support Services(ESS) barulah material dapat diambil. Dimana tempat pengambilannya berada di Markas Besar UNIFIL UN Posn 4-7C Naqoura untuk material yang tercantum di EWR. Sedangkan untuk ADR akan dikirim langsung ketempat tujuan berupa Grevel atau sama dengan batu-batu kerikil kecil.

    Adapun material yang digunakan, Hesco Bastian besar, Hesco bastian kecil; Angular Iron picket; Concertina Wire serta Gravel (sejenis batu-batu kerikil kecil). Untuk pemasangannya, harus berdasarkan hasil perhitungan dan analisa lapangan terhadap medan atau area yang akan di pasang Hesco Bastian. Semakin panjang area yang akan di pasang Hesco Bastian maka semakin banyak juga Hesco yang di butuhkan begitu pula dengan Gravelnya. Adapun Gravel ini di gunakan sebagai isian untuk Hesco Bastian.

    Awal mula pekerjaan pemasangan Hesco Bastian ini adalah dengan terlebih dahulu melaksanakan perataan terhadap medan atau area yang akan dipasangi Hesco Bastian nantinya. Dengan menggunakan alat berat seperti Dozer. Setelah tanah atau tempat untuk pemasangannya telah rata, maka tiba saatnya untuk pemasangannya. Adapun tehnik pemasangan Hesco Bastian untuk membuat perimeter, dimulai dengan menaruh Hesco Bastian yang berukuran besar terlebih dahulu. Untuk satu set Hesco besar terdiri dari 5 kotak yang perkotaknya memiliki luas 1M³. Tempatkan Hesco besar paling bawah.

    “Setelah terpasang satu set yang pertama kita sambung lagi set berikutnya sampai batas ujung pemasangan. Untuk menyambungnya dipergunakan cincin pen dan pasak yang telah tersedia dalam setiap paket nya. Untuk pembuatan perimeter; Hesco besar yang dipasang dibawah bisa dipasang 2 saf (baris) atau 3 saf (baris) sesuai dengan kriteria medan dan analisa dilapangan. Untuk medan yang sempit biasanya digunakan 2 saf (baris) Hesco besar yang di pasang di bawah. Sedangkan untuk medan yang luas bisa gunakan 3 saf (baris) Hesco besar yang dipasang di bawah. Setelah seluruh Hesco Besar telah terpasang barulah kemudian diisi Gravel dengan menggunakan Bego loader sampai penuh baru diratakan dengan tenaga manusia”, jelas Lettu (Mar) Zainal panjang lebar.

    Kegiatan yang sangat menguras tenaga ini sangat berdampak positif bagi personil Peleton Zeni yang tiada henti-hentinya bekerja menyukseskan misi penugasan satgas Indobatt di negeri Lebanon Selatan ini. Hari-hari panjang penugasan di negeri orang tidaklah menjenuhkan namun sangat cepat berlalu terasa. Sebab, dengan jadwal pekerjaan yang sangat padat dan melelahkan ini, personil dapat melewati hari demi hari dengan bermakna dan sangat berarti. “Biasanya setelah selesai dari mengerjakan Hesco bastian ini, seluruh anggota Peleton Zeni yang terlibat biasanya langsung segera melaksanakan istirahat untuk memulihkan kondisi fisiknya sehingga besok harinya mereka dapat melanjutkan tugasnya dengan semangat……..”, aku perwira yang lahir di Makassar ini.

    “Ya…hitung-hitung, sekalian untuk melatih fisik, sehingga kondisi badan selalu stabil…….cuaca di Lebanon ini khan kadang tidak menentu, sangat mudah membuat orang jatuh sakit apabila kita tidak pandai-pandai menjaga kondisi fisik kita”, cetus Danton Zeni mengakhiri wawancaranya dengan Pen Satgas Indobatt.

    Sumber: TNI

    Berita Terkait:

    0 komentar:

    Post a Comment

     
    Copyright © 2010 - All right reserved | Template design by ADMIN | Published by MAJU INDONESIA KU
    Proudly powered by Blogger.com | Best view on mozilla, internet explore, google crome and opera.