ALUTSISTA ARDAVA BERITA HANKAM CAKRA 401 SUBMARINE DEFENSE STUDIES INDO-DEFENSE INDONESIA DEFENSE INDONESIA TEKNOLOGI RINDAM V BRAWIJAYA THE INDO MILITER
Formil MIK Formil Kaskus Formil Detik.COM
PT.DI LAPAN LEN NUKLIR PAL PINDAD RADAR RANPUR ROKET RUDAL SATELIT SENJATA TANK/MBT UAV
TNI AD TNI AL TNI AU
HELIKOPTER KAPAL ANGKUT KAPAL INDUK KAPAL LATIH KAPAL PATROLI KAPAL PERANG KAPAL PERUSAK KAPAL SELAM PESAWAT TEMPUR PESAWAT ANGKUT PESAWAT BOMBER PESAWAT LATIH PESAWAT PATROLI PESAWAT TANKER
KOPASSUS PASUKAN PERDAMAIAN PERBATASAN
  • PERTAHANAN
  • POLRI POLISI MILITER
  • PBB
  • NATO BIN DMC TERORIS
    AMERIKA LATIN AMERIKA UTARA BRASIL USA VENEZUELA
    AFGANISTAN ETHIOPIA IRAN ISRAEL KAZAKHTAN KYRGYZTAN LEBANON LIBYA MESIR OMAN PALESTINA TIMUR TENGAH YAMAN
    ASEAN AUSTRALIA Bangladesh BRUNAI CHINA INDIA INDONESIA JEPANG KAMBOJA KORSEL KORUT
    MALAYSIA Selandia Baru PAKISTAN PAPUA NUGINI Filipina SINGAPURA SRI LANGKA TAIWAN TIMOR LESTE
    BELANDA BULGARIA INGGRIS ITALIA JERMAN ROMANIA RUSIA UKRAINA
    MIK News empty empty R.1 empty R.2 empty R.3 empty R.4

    Tuesday, July 27, 2010 | 7:18 PM | 0 Comments

    PELETON HARPAL INDOBATT : “TIADA KATA TIDAK BISA”

    PUSPEN TNI (27/7),- Semboyan yang dimiliki oleh Peleton Pemeliharaan Peralatan Satuan Tugas Batalyon Mekanis Kontingen Garuda XXIII-D/Unifil (Indonesian Battalion/ Indobatt) yakni: “Tiada kata tidak bisa” telah menjadi semacam daya dorong yang sangat membangkitkan semangat pengabdian seluruh anggota Ton Harpal Indobatt. Hal ini diungkapkan Perwira Pemeliharaan Peralatan (Pa Harpal) Indobatt Kapten Laut (T) Yudha Pia Rombenanta saat kegiatan mutasi workshop pada Rabu (20/07) dari Rub Hall ke tenda lapangan di dalam compound/ kesatriaan Indobatt UN Posn 7-1 desa Adshit Al-Qusayr. Pemindahan workshop untuk sementara waktu ini dilakukan dalam rangka menghadapi kompetisi Open Badminton dimana Indobatt akan menjadi tuan-rumah penyelenggara pada tanggal 2-6 Agustus mendatang dengan mengambil tempat pelaksanaan Rub Hall Indobatt.

    Lebih lanjut dikatakan, tugas pokok dari Ton Harpal Indobatt adalah melaksanakan perawatan, pemeliharaan dan perbaikan peralatan seperti kendaraan tempur VAB, Anoa, kendaraan ringan maupun kendaraan khusus, beberapa mesin diesel generator, munisi dan senjata yang dimiliki satgas, dalam rangka mendukung kesiapan operasional satgas serta melaksanakan pekerjaan teknis mekanis seperti pembangunan gapura, pengelasan, pengecatan, tambal ban, penggantian ban ranpur dan lain sebagainya. “Tugas pemeliharaan dan perawatan ini tiada habis-habisnya, pekerjaan di workshop ini sangat menantang; menguras tenaga dan pikiran………”, ujar Kapten Laut (T) Yudha Rombe disela-sela pekerjaannya memperbaiki kendaraan tempur.

    Kegiatan yang sebagian besar dilakukan di dalam Rub-Hall ini, pada tingkat satgas dijabat oleh Kapten Laut (T) Yudha Pia Rombenanta dan berada di bawah supervisi Kasilog. Pa Harpal mempunyai tugas dan tanggungjawab untuk memberikan saran dan masukan kepada Komandan Satgas Indobatt dalam hal ini kepada Letkol Inf Andi Perdana Kahar serta Wadan Satgas Indobatt Letkol (Mar) Guslin dalam mengambil keputusan sesuai bidang pemeliharaan peralatan serta membuat rencana jadwal pemeliharaan dan perbaikan sesuai dengan tingkat kebutuhan dan kepentingan satgas. Dan ini sesuai dengan kebijaksanaan yang telah digariskan oleh Komandan satgas. Untuk tingkat Kompi sesuai dengan struktur organisasi Ton Harpal berada dibawah pembinaan Kompi Bantuan (Support Coy) yang saat ini dijabat oleh Kapten CPL Lalu Mustari dan dibantu oleh dua Bintara Pemelihara Kendaraan Tempur dan Pemelihara Kendaraan Ringan. Dengan jumlah personil keseluruhan adalah dua puluh prajurit ditambah dengan lima personil dari Bengpuspal yang khusus menangani Ranpur Anoa dan VAB.

    “Batalyon ini dikatakan mekanis karena memiliki ciri khas tertentu yakni memiliki kekuatan kendaraan tempur maupun kendaraan ringan untuk melaksanakan tugas patroli non-stop setiap harinya dan kegiatan tugas Observation Post (OP) tanpa hentinya. Sebab itu kendaraan-kendaraan yang digunakan saat ini merupakan tulang-punggung Satuan Tugas Batalyon Mekanis Kontingen Garuda XXIII-D/Unifil (Indonesian Battalion/ Indobatt)” tegas Perwira Harpal yang sebelumnya berdinas di KRI Cakra 401 Satuan Kapal Selam Koarmatim ini saat diwawancarai oleh Pen Satgas.

    Lebih jelasnya, kegiatan kesehariannya menitikberatkan pada pemeliharaan kesiapan operasional kendaraan-kendaraan tempur seperti penggantian oli, tune-up mesin sampai dengan perbaikan kendaraan seperti overhaul Ranpur VAB, kendaraan truk air ‘Kapodang’, dan yang saat ini masih dalam proses pengerjaan adalah perbaikan satu unit kendaraan Ranpur VAB, satu unit kendaraan Liaz, dan satu unit kendaraan truk air Mitsubishi PS 120. Sedangkan kegiatan khusus yang telah dilaksanakan belum lama ini adalah pembuatan gapura ‘Selamat Datang’ atau pintu gerbang Indobatt dan perbaikan tugu Garuda sebagai simbol satgas Kontingen Garuda XXIII-D/ UNIFIL di Libanon Selatan ini.

    Sementara itu, sesuai dengan struktur organisasi yang dimiliki Peleton Harpal ini didalam tugas kesehariannya telah diatur pembagian tugas dan tanggungjawab sesuai bagian masing-masing. Contohnya; pemeliharaan untuk bidang kendaraan tempur ditangani oleh Bintara Pemelihara Ranpur dengan dibantu Tamtama Har Ranpur. Demikian pula, dalam bidang pemeliharaan kendaraan ringan, kendaraan khusus maupun teknis mekanis. Walaupun dalam pelaksanaan dilapangan, seluruh anggota Peleton Harpal bahu-membahu saling membantu dalam melaksanakan tugas dan tidak terpaku pada satu tugas yang telah diatur sebelumnya. “Hal ini sangat memberikan manfaat positif dalam proses pembelajaran sehingga dapat saling memberikan ilmu yang dimiliki didalam melaksanakan aktivitas pemeliharaan dan perbaikan”, kata Kapten CPL Lalu Mustari selaku Danton Harpal Kompi Bantuan Indobatt yang asal kesatuan adalah Satharpal Mabes TNI Jakarta.

    Peleton ini sangat memegang peranan penting pada tubuh organisasi Indonesia Batalyon, sesuai dengan tuntutan tugasnya yakni untuk tetap menjaga kesiapan operasional seluruh peralatan yang ada serta menyiapkan kesiapan yang ada sesuai dengan inspeksi rutin yang biasanya dilaksanakan oleh Mabes TNI maupun oleh UNIFIL (United Nations Interim Force In Lebanon). Bagi UNIFIL, inspeksi dilaksanakan tiga bulan sekali dengan nama Contingent Owned Equipment dan untuk yang enam bulan sekali dengan nama Operational Readiness Inspection. Dalam hal ini, Ton Harpal sangat berhubungan erat dengan Pasuskav selaku pembina materiil Kavaleri berupa Ranpur VAB dan Anoa serta juga pembina profesionalisme personil Kavaleri. Saat ini Pasuskav Indobatt dijabat oleh Lettu Kav Taufik Dwinova.



    Selain itu, ada banyak kesan yang mendalam yang didapatkan selama melaksanakan tugas pengabdian ini. Dari ungkapan Pa Harpal, kesan yang paling membekas menurutnya adalah terbentuknya jiwa korsa diantara anggota Peleton Harpal serta adanya kemauan keras untuk menyelesaikan segala tantangan dan hambatan yang ditemui selama ini. Dan semboyan “Tiada Kata Tidak Bisa” telah menjadi bukti dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang diemban. Segala keterbatasan yang ada bukanlah suatu kesulitan namun menjadi tantangan yang harus diatasi, dan sampai saat ini semua tantangan itu dapat dilalui oleh seluruh staf Harpal dan personil dari Ton Harpal Indobatt. Demikian dikatakan Kapten Laut (T) Yudha Rombe yang merupakan lulusan Akademi TNI AL tahun 1999.

    Sampai bulan ke-delapan penugasan Indobatt, telah ada beberapa prestasi yang diraih oleh Ton Harpal yakni berhasil mengoperasionalkan kembali dua mesin generator yang selama satu tahun belakangan ini tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Hal ini dilakukan dengan membuat beberapa modifikasi sehingga dapat berfungsi kembali. Serta telah berhasil mengoperasikan kembali satu unit kendaraan angkut personil Isuzu NPS dan terakhir pada saat ini, Ton Harpal sedang dalam proses memperbaiki satu unit VAB dan satu unit truk Liaz yang telah cukup lama tidak dapat dioperasionalkan. “Tiada kata tidak bisa” semboyan yang patut dicontoh oleh satuan unit lainnya. Viva Peleton Harpal….Viva Indonesia Batalyon.

    Sumber: TNI

    Berita Terkait:

    0 komentar:

    Post a Comment

     
    Copyright © 2010 - All right reserved | Template design by ADMIN | Published by MAJU INDONESIA KU
    Proudly powered by Blogger.com | Best view on mozilla, internet explore, google crome and opera.