ALUTSISTA ARDAVA BERITA HANKAM CAKRA 401 SUBMARINE DEFENSE STUDIES INDO-DEFENSE INDONESIA DEFENSE INDONESIA TEKNOLOGI RINDAM V BRAWIJAYA THE INDO MILITER
Formil MIK Formil Kaskus Formil Detik.COM
PT.DI LAPAN LEN NUKLIR PAL PINDAD RADAR RANPUR ROKET RUDAL SATELIT SENJATA TANK/MBT UAV
TNI AD TNI AL TNI AU
HELIKOPTER KAPAL ANGKUT KAPAL INDUK KAPAL LATIH KAPAL PATROLI KAPAL PERANG KAPAL PERUSAK KAPAL SELAM PESAWAT TEMPUR PESAWAT ANGKUT PESAWAT BOMBER PESAWAT LATIH PESAWAT PATROLI PESAWAT TANKER
KOPASSUS PASUKAN PERDAMAIAN PERBATASAN
  • PERTAHANAN
  • POLRI POLISI MILITER
  • PBB
  • NATO BIN DMC TERORIS
    AMERIKA LATIN AMERIKA UTARA BRASIL USA VENEZUELA
    AFGANISTAN ETHIOPIA IRAN ISRAEL KAZAKHTAN KYRGYZTAN LEBANON LIBYA MESIR OMAN PALESTINA TIMUR TENGAH YAMAN
    ASEAN AUSTRALIA Bangladesh BRUNAI CHINA INDIA INDONESIA JEPANG KAMBOJA KORSEL KORUT
    MALAYSIA Selandia Baru PAKISTAN PAPUA NUGINI Filipina SINGAPURA SRI LANGKA TAIWAN TIMOR LESTE
    BELANDA BULGARIA INGGRIS ITALIA JERMAN ROMANIA RUSIA UKRAINA
    MIK News empty empty R.1 empty R.2 empty R.3 empty R.4

    Thursday, October 6, 2011 | 9:02 AM | 1 Comments

    DPR : Reformasi di TNI Dinilai Lebih Baik dari Institusi Lain

    Jakarta - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Pramono Anung membenarkan modernisasi di tubuh Tentara Nasional Indonesia masih berjalan lambat. Hal itu tecermin dari lambatnya peningkatan mutu persenjataan bagi aparat TNI. Kendati demikian, di sisi lain Pramono mengapresiasi proses reformasi TNI yang sudah berjalan.

    "Saya melihat proses reformasi yang dilakukan TNI relatif lebih baik dari institusi lain," ujar Pramono menanggapi TNI yang hari ini berusia 66 tahun, di Gedung Dewan, Rabu, 5 Oktober 2011.

    Menurut politikus PDI Perjuangan itu sejauh ini permasalahan di tubuh TNI lebih kecil dibanding institusi lain. TNI juga dinilai mampu menempatkan diri sebagai penjaga pertahanan negara. "Ini tentu harus diberi apresiasi," ujar dia. Pramono juga menyampaikan apresiasi atas kemampuan TNI memisahkan diri dari ranah politik.

    Di sisi lain Pramono mengakui dalam pengelolaan alutsista TNI juga masih lambat. Namun dia mengakui keterlambatan itu bukan semata persoalan TNI, tapi karena terbatasnya anggaran yang disediakan untuk TNI. Meski anggaran TNI termasuk besar di APBN, tetap belum mencukupi untuk perbaikan alutsista. "Memang anggarannya terbesar, tapi luas wilayah yang besar membuat anggaran itu terbatas."

    Dia mencontohkan lambatnya modernisasi alat kelengkapan terjadi di Angkatan Darat dan Angkatan Laut. "Radar kita misalnya belum mencakup seluruh negara kesatuan," ujarnya.

    Soal anggaran untuk TNI, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pagi tadi menyebutkan pemerintah telah menyiapkan rencana untuk menaikkan anggaran belanja TNI pada 2012 hingga 35 persen. Peningkatan anggaran itu terutama untuk pengembangan alat utama sistem persenjataan (alutista) TNI.

    Pemerintah, kata SBY, akan mengalokasikan anggaran hingga Rp 64,4 triliun untuk TNI pada 2012, meningkat dari anggaran tahun 2011 sebesar Rp 47,5 triliun. "Mendorong dan pengembangan alutsista sangat penting," kata SBY dalam sambutannya di upacara HUT ke-66 TNI di Markas Besar TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu pagi tadi, 5 Oktober 2011.

    Pembaruan persenjataan, kata SBY, juga harus diiringi dengan kesiapan sumber daya manusia di jajaran TNI. Untuk meningkatkan kemampuan aparat TNI, SBY menilai perlu digelar latihan gabungan. Latihan gabungan juga perlu dilakukan bersama negara-negara lain.

    Sumber : TEMPO

    Berita Terkait:

    1 komentar:

    BlogKu said...

    Ya mesti,... kenapa lebih baik dari institusi lain?
    karna dari latarbelakang TNI adalah kumpulan kesatria2 bangsa indonesia yang lebih mementingkan bela rakyat dan tanah air daripada mementingkan harta dan kedudukan, bahkan nyawa mereka sendiri sebagai taruhannya. sehingga menelorkan panji - panji TNI yang luar biasa yang membuat dunia terkagum - kagum..
    beda dengan institusi2 lain yang mementingkan harta dan kedudukan dari pada rakyat dan tanah air ...hehehe

    Post a Comment

     
    Copyright © 2010 - All right reserved | Template design by ADMIN | Published by MAJU INDONESIA KU
    Proudly powered by Blogger.com | Best view on mozilla, internet explore, google crome and opera.