ALUTSISTA ARDAVA BERITA HANKAM CAKRA 401 SUBMARINE DEFENSE STUDIES INDO-DEFENSE INDONESIA DEFENSE INDONESIA TEKNOLOGI RINDAM V BRAWIJAYA THE INDO MILITER
Formil MIK Formil Kaskus Formil Detik.COM
PT.DI LAPAN LEN NUKLIR PAL PINDAD RADAR RANPUR ROKET RUDAL SATELIT SENJATA TANK/MBT UAV
TNI AD TNI AL TNI AU
HELIKOPTER KAPAL ANGKUT KAPAL INDUK KAPAL LATIH KAPAL PATROLI KAPAL PERANG KAPAL PERUSAK KAPAL SELAM PESAWAT TEMPUR PESAWAT ANGKUT PESAWAT BOMBER PESAWAT LATIH PESAWAT PATROLI PESAWAT TANKER
KOPASSUS PASUKAN PERDAMAIAN PERBATASAN
  • PERTAHANAN
  • POLRI POLISI MILITER
  • PBB
  • NATO BIN DMC TERORIS
    AMERIKA LATIN AMERIKA UTARA BRASIL USA VENEZUELA
    AFGANISTAN ETHIOPIA IRAN ISRAEL KAZAKHTAN KYRGYZTAN LEBANON LIBYA MESIR OMAN PALESTINA TIMUR TENGAH YAMAN
    ASEAN AUSTRALIA Bangladesh BRUNAI CHINA INDIA INDONESIA JEPANG KAMBOJA KORSEL KORUT
    MALAYSIA Selandia Baru PAKISTAN PAPUA NUGINI Filipina SINGAPURA SRI LANGKA TAIWAN TIMOR LESTE
    BELANDA BULGARIA INGGRIS ITALIA JERMAN ROMANIA RUSIA UKRAINA
    MIK News empty empty R.1 empty R.2 empty R.3 empty R.4

    Friday, December 10, 2010 | 10:34 PM | 1 Comments

    Indoleaks : Ini Dia Percakapan Rahasia Nixon-Soeharto

    JAKARTA--Laman lokal Indoleaks membocorkan salinan dokumen dari Gedung Putih berkode 'Top Secret/Sensitive' berupa percakapan antara mantan presiden Soeharto dengan mantan presiden Richard M Nixon dan mantan menlu Henry Kissinger.

    Dokumen bertanggal 26 Mei 1970 berisi berbagai hal soal perkembangan Orde Baru Indonesia setelah lepas dari peristiwa G30S. Tercatat isu soal Partai Komunis Indonesia, investasi dan utang asing, serta pertahanan Indonesia dibahas.

    Di bagian awal, Nixon bertanya pada Soeharto terkait sisa-sisa kekuatan PKI di Indonesia. Apakah komunis masih mencengkeram rakyat, apakah komunis masih berbahaya. Soeharto menjawab, komunis Indonesia sudah ditumpas.

    Namun, masih tersisa pentolan-pentolan komunis sebanyak 300 ribu orang yang bebas. "Kami sudah menahan dan menginterogasi puluhan ribu dari mereka," kata Soeharto.

    Nixon kemudian ingin tahu soal situasi mahasiswa Indonesia. Soeharto menjawab, pergerakan mahasiswa yang sebelumnya sukses menggusur Soekarno kini diarahkan ke pembangunan ekonomi dan sosial. "Para mahasiswa sudah menerima indoktrinasi ide-ide Orde Baru," katanya.

    Nixon lalu bertanya soal keterlibatan Amerika Serikat dalam ekonomi Indonesia. Menjawab pertanyaan itu, Soeharto mengucapkan terima kasih kepada AS yang mau membantu Indonesia dengan mengucurkan utang dan bantuan lainnya.

    "Kini ada 173 proyek bernilai total 900 juta - 1 miliar dolar AS milik perusahaan AS di Indonesia. Banyak dari investasi ini mengalir ke sektor pertambangan," kata Soeharto.

    Aji mumpung, Soeharto lantas meminta bantuan Nixon, agar AS membantu Indonesia menjadwal ulang utang luar negerinya yang sebesar 14 miliar dolar AS. Namun Nixon tidak berkomentar spesifik terkait permintaan ini.

    Ia hanya mengatakan AS sangat berminat mendukung perkembangan pembangunan Indonesia. Namun AS tidak ingin mengintervensi urusan dalam negeri Indonesia.

    Sumber: REPUBLIKA

    Berita Terkait:

    1 komentar:

    dian said...

    cool, thanks

    http://cool-es.com

    Post a Comment

     
    Copyright © 2010 - All right reserved | Template design by ADMIN | Published by MAJU INDONESIA KU
    Proudly powered by Blogger.com | Best view on mozilla, internet explore, google crome and opera.