ALUTSISTA ARDAVA BERITA HANKAM CAKRA 401 SUBMARINE DEFENSE STUDIES INDO-DEFENSE INDONESIA DEFENSE INDONESIA TEKNOLOGI RINDAM V BRAWIJAYA THE INDO MILITER
Formil MIK Formil Kaskus Formil Detik.COM
PT.DI LAPAN LEN NUKLIR PAL PINDAD RADAR RANPUR ROKET RUDAL SATELIT SENJATA TANK/MBT UAV
TNI AD TNI AL TNI AU
HELIKOPTER KAPAL ANGKUT KAPAL INDUK KAPAL LATIH KAPAL PATROLI KAPAL PERANG KAPAL PERUSAK KAPAL SELAM PESAWAT TEMPUR PESAWAT ANGKUT PESAWAT BOMBER PESAWAT LATIH PESAWAT PATROLI PESAWAT TANKER
KOPASSUS PASUKAN PERDAMAIAN PERBATASAN
  • PERTAHANAN
  • POLRI POLISI MILITER
  • PBB
  • NATO BIN DMC TERORIS
    AMERIKA LATIN AMERIKA UTARA BRASIL USA VENEZUELA
    AFGANISTAN ETHIOPIA IRAN ISRAEL KAZAKHTAN KYRGYZTAN LEBANON LIBYA MESIR OMAN PALESTINA TIMUR TENGAH YAMAN
    ASEAN AUSTRALIA Bangladesh BRUNAI CHINA INDIA INDONESIA JEPANG KAMBOJA KORSEL KORUT
    MALAYSIA Selandia Baru PAKISTAN PAPUA NUGINI Filipina SINGAPURA SRI LANGKA TAIWAN TIMOR LESTE
    BELANDA BULGARIA INGGRIS ITALIA JERMAN ROMANIA RUSIA UKRAINA
    MIK News empty empty R.1 empty R.2 empty R.3 empty R.4

    Monday, October 25, 2010 | 1:10 PM | 0 Comments

    Biaya Datangnya Sukhoi Sama Beli Rumah


    BALIKPAPAN- Sebentar lagi warga Balikpapan akan bisa berpose dengan pesawat tempur milik TNI AU. Mulai dari jenis Hawk, F-5 Tiger, F-16 Faghting Falcon dan juga Sukhoi akan dipajang di base ops Sepinggan Lanud Balikpapan, Rabu mendatang (27/10) mulai pukul 11.00 Wita. Hal ini dikatakan oleh Danlanud Balikpapan Letkol Pnb Rifa Yanto ST Msc saat ditemui harian ini di ruang VIP Bandara Sepinggan, Minggu (24/10) siang kemarin.

    “Semua ini untuk menunjukkan kepada masayarakat Balikpapan terutama pelajar bahwa militer negara kita cukup kuat,” ucap Rifa. Lebih dari itu, diharapkan dengan adanya statis show yang dilakukan di base ops ini akan membangkitkan kebanggan masyarakat Balikpapan sebagai warga Indonesia. Karena mereka tahu kekuatan militer negera kita yang nota bene sudah bersatandart internasional.

    Rifa mengatakan ini merupakan kesempatan yang sangat langka. Karena untuk bisa mendatangkan satu Pesawat Sukhoi ke Balikpapan dari Skuadron Makassar dibutuhkan dana yang tidak sedikit. Dan pada Rabu mendatang masyarakat bisa melihat dari dekat empat pesawat canggih buatan Rusia, Sukhoi. “Untuk diketahui saja, biaya untuk mendatangkan satu Sukhoi saja sama seperti beli rumah,” lanjut dengan nada sedikit bergurau.

    Bagi masyarakat Balikpapan yang ingin menyaksikan keperkasaan alat utama sistem senjata (Alutsista) tersebut bisa memasuki base ops melalui jalur Trakindo lama atau depan United Tracktor (UT). Sebenarnya pesawat-pesawat ini datang ke Balikpapan bukan sekadar untuk ditunjukkan kepada masayarakat saja.

    Rencananya jet-jet tempur ini akan melaksanakan misi latihan puncak TNI AU yang diberi sandi “Angkasa Yuda 2010” yang dilangsungkan mulai 27 Oktober 2010 mendatang . Rencanaya latihan ini sendiri akan dibuka langsung oleh Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal Imam Sufaat. Konon latihan ini akan melibatkan sekira 600 personel anggota TNI AU.

    SEMENTARA itu, mulai hari ini hingga 28 Oktober nanti, belasan pesawat tempur terbaik milik TNI AU akan menghiasi langit Tarakan. Kegiatan ini merupakan rangkaian latihan yang bertajuk “Angkasa Yudha 2010” yang telah dimulai sejak 21 Oktober lalu di Kaltim dengan pemusatan latihan tempur di Sangata, Kutai Timur.

    Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Danlanud) Tarakan, Letkol Penerbang Erwan Andrian menyebutkan, latihan ini diikuti oleh tiga pangkalan udara, yaitu Lanud Hasanuddin, Lanud Balikpapan dan Lanud Tarakan. Di Tarakan sendiri, akan ditempatkan 10 pesawat tempur jenis Hawk 100/200 dari skuadron I Pontianak dan skuadron XII Pekanbaru yang masing-masing mengirimkan lima pesawat Hawk.

    Untuk diketahui, pesawat Hawk 100 berisi dua orang penerbang (tandom). Sementara untuk Hawk 200 hanya diisi satu penerbang. Selain itu, juga akan didukung 3 pesawat Hercules dan 1 pesawat Super Puma SA 330. “Sedikitnya ada 180 orang personel dari Lanud Tarakan yang akan terlibat,” sebut Erwan Andrian. Dalam skenario latihan gabungan (Latgab) tiga Lanud tersebut, Kota Tarakan diskenariokan sebagai basis pangkalan musuh.

    Sementara pangkalan TNI berada di Lanud Balikpapan dan Lanud Hasanuddin Makassar. Area tempur dipusatkan Sangata sebagai makolatgab sasaran perebutan. “Skenarionya adalah perebutan wilayah yang mana Sangata dikuasai musuh,” jelasnya. Rencananya, Pada 28 Oktober usai latgab, seluruh pesawat tempur tersebut akan kembali ke homebase masing-masing.

    Namun sehari sebelumnya, yaitu Rabu siang (27/10), TNI AU akan memberi kesempatan kepada pelajar melalui sekolah-sekolah untuk diadakan studi show. Masih kata danlanud, seperti biasanya, pesawat-pesawat tempur ini setiap keluar dan masuk di suatu daerah atau lanud akan melakukan flying show (atraksi terbang) di atas Pulau Tarakan, setelah itu baru mendarat. “Ramai-ramainya mulai tanggal 25 Oktober, semua pesawat sudah masuk.

    Tanggal 26 konsolidasi, dan tanggal 27 sudah masuk pelaksanaan latihan tempur,” jelasnya. Kaltim memang memiliki areal latihan khusus untuk TNI. Selain di Kaltim, di Pekanbaru juga ada areal weapon ring (AWR). Dengan begitu, tidak menutup kemungkinan ke depannya Tarakan akan sering dijadikan tempat untuk latihan tempur TNI.

    Selain pesawat-pesawat di atas, pesawat tempur lainnya seperti 6 Sukhoi dan F16 juga akan terlibat dalam latihan tempur “Angkasa Yudha 2010”. Namun pesawat-pesawat ini akan terbang langsung dari Makassar.

    Sumber: METRO BALIKPAPAN

    Berita Terkait:

    0 komentar:

    Post a Comment

     
    Copyright © 2010 - All right reserved | Template design by ADMIN | Published by MAJU INDONESIA KU
    Proudly powered by Blogger.com | Best view on mozilla, internet explore, google crome and opera.