ALUTSISTA ARDAVA BERITA HANKAM CAKRA 401 SUBMARINE DEFENSE STUDIES INDO-DEFENSE INDONESIA DEFENSE INDONESIA TEKNOLOGI RINDAM V BRAWIJAYA THE INDO MILITER
Formil MIK Formil Kaskus Formil Detik.COM
PT.DI LAPAN LEN NUKLIR PAL PINDAD RADAR RANPUR ROKET RUDAL SATELIT SENJATA TANK/MBT UAV
TNI AD TNI AL TNI AU
HELIKOPTER KAPAL ANGKUT KAPAL INDUK KAPAL LATIH KAPAL PATROLI KAPAL PERANG KAPAL PERUSAK KAPAL SELAM PESAWAT TEMPUR PESAWAT ANGKUT PESAWAT BOMBER PESAWAT LATIH PESAWAT PATROLI PESAWAT TANKER
KOPASSUS PASUKAN PERDAMAIAN PERBATASAN
  • PERTAHANAN
  • POLRI POLISI MILITER
  • PBB
  • NATO BIN DMC TERORIS
    AMERIKA LATIN AMERIKA UTARA BRASIL USA VENEZUELA
    AFGANISTAN ETHIOPIA IRAN ISRAEL KAZAKHTAN KYRGYZTAN LEBANON LIBYA MESIR OMAN PALESTINA TIMUR TENGAH YAMAN
    ASEAN AUSTRALIA Bangladesh BRUNAI CHINA INDIA INDONESIA JEPANG KAMBOJA KORSEL KORUT
    MALAYSIA Selandia Baru PAKISTAN PAPUA NUGINI Filipina SINGAPURA SRI LANGKA TAIWAN TIMOR LESTE
    BELANDA BULGARIA INGGRIS ITALIA JERMAN ROMANIA RUSIA UKRAINA
    MIK News empty empty R.1 empty R.2 empty R.3 empty R.4

    Wednesday, October 27, 2010 | 10:28 AM | 0 Comments

    KASAU : TNI AU Mempunyai Pesawat 247 unit

    illustrasi

    BALIKPAPAN- Hari ini, Rabu (27/10) sekira pukul 08.00 Wita, Kota Sengatta akan dibombardir oleh jet-jet tempur TNI AU. Untuk itu Kepala Staf TNI AU (Kasau) Marsekal Imam Syufaat berharap cuaca di atas langit Sengatta pagi ini cukup mendukung supaya pesawat tempurnya dapat menghancurkan target yang kini dikuasi pihak musuh.

    Itu semua adalah skenario dari latihan puncak TNI AU dengan sandi “Angkasa Yudha 2010” yang akan dilangsungkan di Bumi Sengatta, Kutai Timur. Skenario Angkasa Yudha 2010 ini akan menggambarkan sebuah pesawat dari tim biru yang akan dicegat oleh pesawat tim merah. Dilanjutkan dengan pertempuran udara di antara kedua tim.

    Hal ini juga yang diungkapkan Perwira tertinggi di TNI AU itu sesaat setelah kedatangannya, Selasa (26/10) kemarin sekira pukyul 14.30 di ruang VIP Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan. Kedatangan Kasau Imam Syufaat kali ini untuk meninjau secara langsung jalannya latihan puncak TNI AU yang akan dilangsungkan di sepanjang Jalan Pendidikan, Sengatta.

    “Latihankali ini kita juga akan melibatkan pesawat Sukhoi,” jelas Imam di ruang tunggu VIP Bandara Sepinggan, siang kemarin (26/10). Lebih dari itu Kasau menyebutkan bahwa latihan ini merupakan ajang melatih kemampuan personal prajurit, baik dalam kemampuan taktik air to ground atau air to air.

    Saat ditanya alasan Sengatta sebagai lokasi latihan Angkasa Yudha 2010 ini, Imam beralasan karena ibukota Kutim ini sudah didesain oleh Markas Besar (Mabes) TNI sebagai salah satu tempat latihan perang di Indonesia. Selain itu, untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa peralatan dan latihan yang diberikan oleh negara bisa dioptimalkan untuk memepertahankan NKRI.

    Kepada sejumlah wartawan, Kasau juga tidak sungkan-sungkan untuk menyebutkan kekuatan TNI AU saat ini. Terakhir secara keseluruhan pesawat tempur TNI-AU berjumlah 247 unit. Sekira 53 persen diantaranya merupakan jenis pesawat fighter yang terdiri atas F-5, F-16, Sukhoi, Su-30, dan 2 unit Su-27, F-5, dan berbagai jenis lainnya.

    FORCE DOWN TERKENDALA CUACA BURUK

    Bebebrapa jam sebelum kedatangan Kasau, empat unit pesawat tempur F-5 menggelar latihan cara memaksa pesawat musuh untuk mendarat (Force Down). Awalnya latihan tersebut akan digelar sekira pukul 08.00 wita. Namun karena alasan cuaca pada Selasa pagi kemarin tidak mendukung untuk melakukan penerbangan, maka latiahn inipun dibatalkan.

    “Memang F-5 ini ada spesifik khusus soal kondisi cuaca, demi keselamatan pesawat terpaksa dibatalkan,” kata Danlanud Balikpapan Letkol Pnb Riva kemarin. Dalam kesempatan kali ini Danlanud juga mengingatkan masyarakat Balikpapan untuk bisa menghadiri static show yang digelar hari ini pada pukul 11.00 Wita di Base Ops Lanud Balikpapan.

    Sejumlah pesawat tempur TNI dan foto-foto latihan akan dipamerkan dalam kegiatan itu, di antaranya Pesawat Tempur F-5, F-16, dan Helikopter Puma. “Sangat sayang kalau hanya dipakai untuk latihan saja, mumpung di Balikpapan kami akan menggelar Static Show untuk memamerkan kepada masyarakat peralatan tempur TNI AU,” ujarnya.

    Sumber: Metrobalikpapan

    Berita Terkait:

    0 komentar:

    Post a Comment

     
    Copyright © 2010 - All right reserved | Template design by ADMIN | Published by MAJU INDONESIA KU
    Proudly powered by Blogger.com | Best view on mozilla, internet explore, google crome and opera.