ALUTSISTA ARDAVA BERITA HANKAM CAKRA 401 SUBMARINE DEFENSE STUDIES INDO-DEFENSE INDONESIA DEFENSE INDONESIA TEKNOLOGI RINDAM V BRAWIJAYA THE INDO MILITER
Formil MIK Formil Kaskus Formil Detik.COM
PT.DI LAPAN LEN NUKLIR PAL PINDAD RADAR RANPUR ROKET RUDAL SATELIT SENJATA TANK/MBT UAV
TNI AD TNI AL TNI AU
HELIKOPTER KAPAL ANGKUT KAPAL INDUK KAPAL LATIH KAPAL PATROLI KAPAL PERANG KAPAL PERUSAK KAPAL SELAM PESAWAT TEMPUR PESAWAT ANGKUT PESAWAT BOMBER PESAWAT LATIH PESAWAT PATROLI PESAWAT TANKER
KOPASSUS PASUKAN PERDAMAIAN PERBATASAN
  • PERTAHANAN
  • POLRI POLISI MILITER
  • PBB
  • NATO BIN DMC TERORIS
    AMERIKA LATIN AMERIKA UTARA BRASIL USA VENEZUELA
    AFGANISTAN ETHIOPIA IRAN ISRAEL KAZAKHTAN KYRGYZTAN LEBANON LIBYA MESIR OMAN PALESTINA TIMUR TENGAH YAMAN
    ASEAN AUSTRALIA Bangladesh BRUNAI CHINA INDIA INDONESIA JEPANG KAMBOJA KORSEL KORUT
    MALAYSIA Selandia Baru PAKISTAN PAPUA NUGINI Filipina SINGAPURA SRI LANGKA TAIWAN TIMOR LESTE
    BELANDA BULGARIA INGGRIS ITALIA JERMAN ROMANIA RUSIA UKRAINA
    MIK News empty empty R.1 empty R.2 empty R.3 empty R.4

    Wednesday, April 21, 2010 | 6:14 PM | 0 Comments

    WAKASAD BUKA SIMPOSIUM DAN PAMERAN TEKNOLOGI SURVEI PEMETAAN


    DISPENAD (21/4),- Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI Johanes Suryo Prabowo membuka sekaligus sebagai Keynote Speech Simposium dan Pameran Teknologi Survei Pemetaan dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-64 Topografi Angkatan Darat Tahun 2010.

    Adapun tema yang diambil, “Penyediaan Informasi Geografi/Medan Untuk Kepentingan Pertahanan Negara” di Markas Direktorat Topografi Angkatan Darat, Jakarta, Selasa (20/4).

    Wakasad mengatakan, permasalahan penyediaan informasi Geografi/Medan untuk kepentingan pertahanan negara, saat ini bukan lagi menjadi milik ekseklusif Topografi Angkatan Darat saja, namun menjadi milik dan perhatian bersama. Para pemangku kepentingan (Stake Holder) segenap pihak yang terkait dengan penyelenggaraan penyediaan data atau informasi Geografi, baik Pemerintah, Swasta, Masyarakat maupun TNI.

    Menurut Wakasad, membahas aspek Geografi berarti membicarakan hubungan saling mempengaruhi dalam konteks keruangan (special relationship) antara manusia dengan lingkungan sebagai wadahnya. Dalam kepentingan pertahanan Negara, kebutuhan informasi Geografi tidak dibatasi secara sempit hanya mencakup medan dan cuaca, namun termasuk juga informasi tentang kondisi dan sebaran penduduk, politik, ekonomi, sosial budaya, sarana, dan prasarana serta sumberdaya alam.

    Wakasad menegaskan, dalam rangka mengamankan wilayah perbatasan darat nasional dengan Negara lain, Topografi Angkatan Darat berperan membuat tanda batas yang jelas dan tegas serta membuat peta Topografi wilayah perbatasan darat yang menggambarkan informasi garis batas darat antar Negara. Peta Topografi wilayah perbatasan harus disertai data atribut yang menjelaskan tugu–tugu batas, yang meliputi jenis, jumlah dan koordinat tugunya, disertai dengan informasi tentang kondisi wilayahnya. Informasi ini kemudian digunakan oleh satuan jajaran TNI Angkatan Darat yang bertugas di pos–pos pengamanan perbatasan.

    Sementara itu Direktur Topografi Angkatan Angkatan Darat (Dirtopad) Kolonel Ctp Sutirsno mengatakan, dalam rangka memanfaatkan momentum peringatan HUT ke-64 Topografi pada tanggal 26 April 2010. Direktorat Topografi sengaja berinisiatif untuk mengadakan kegiatan simposium dan pameran teknologi survey pemetaan dengan tujuan agar simposium dan pameran ini setidaknya mampu menjadi pendorong dan rintisan bagi terwujudnya saling pengertian dan kerjasama yang lebih erat diantara komunitas Survey Pemetaan Nasiopnal dalam rangka penyediaan informasi Geografi untuk kepentingan pertahanan negara.

    Dirtopad mengungkapkan, saat ini ada 14 instansi Pemerintah Pusat dan Instansi Swasta yang melakukan kegiatan survey dan pemetaan, namun sayangnya belum ada koordinasi yang baik, sehingga sering terjadi tumpang tindih kegiatan survey dan pemetaan pada daerah yang sama dengan metodologi teknis yang berbeda.

    Sumber: TNI

    Berita Terkait:

    0 komentar:

    Post a Comment

     
    Copyright © 2010 - All right reserved | Template design by ADMIN | Published by MAJU INDONESIA KU
    Proudly powered by Blogger.com | Best view on mozilla, internet explore, google crome and opera.