ALUTSISTA ARDAVA BERITA HANKAM CAKRA 401 SUBMARINE DEFENSE STUDIES INDO-DEFENSE INDONESIA DEFENSE INDONESIA TEKNOLOGI RINDAM V BRAWIJAYA THE INDO MILITER
Formil MIK Formil Kaskus Formil Detik.COM
PT.DI LAPAN LEN NUKLIR PAL PINDAD RADAR RANPUR ROKET RUDAL SATELIT SENJATA TANK/MBT UAV
TNI AD TNI AL TNI AU
HELIKOPTER KAPAL ANGKUT KAPAL INDUK KAPAL LATIH KAPAL PATROLI KAPAL PERANG KAPAL PERUSAK KAPAL SELAM PESAWAT TEMPUR PESAWAT ANGKUT PESAWAT BOMBER PESAWAT LATIH PESAWAT PATROLI PESAWAT TANKER
KOPASSUS PASUKAN PERDAMAIAN PERBATASAN
  • PERTAHANAN
  • POLRI POLISI MILITER
  • PBB
  • NATO BIN DMC TERORIS
    AMERIKA LATIN AMERIKA UTARA BRASIL USA VENEZUELA
    AFGANISTAN ETHIOPIA IRAN ISRAEL KAZAKHTAN KYRGYZTAN LEBANON LIBYA MESIR OMAN PALESTINA TIMUR TENGAH YAMAN
    ASEAN AUSTRALIA Bangladesh BRUNAI CHINA INDIA INDONESIA JEPANG KAMBOJA KORSEL KORUT
    MALAYSIA Selandia Baru PAKISTAN PAPUA NUGINI Filipina SINGAPURA SRI LANGKA TAIWAN TIMOR LESTE
    BELANDA BULGARIA INGGRIS ITALIA JERMAN ROMANIA RUSIA UKRAINA
    MIK News empty empty R.1 empty R.2 empty R.3 empty R.4

    Tuesday, February 15, 2011 | 5:35 PM | 0 Comments

    Pengamat : Kemampuan Tempur F-16 di Bawah J-20 China

    F-16 A/B

    INILAH.COM, Jakarta - TNI AU akan menerima hibah pesawat F-16 A/B. Hibah ini dipermasalahkan karena dinilai TNI AU hanya menerima barang loakan saja. Tapi sebetulnya seperti apa teknologi yang dimiliki pesawat ini?

    Tak bisa dipungkiri bahwa pesawat ini adalah pesawat paling populer di antara angkatan udara seluruh negara-negara di dunia. Selain Angkatan Udara Amerika Serikat, ada 24 angkatan udara lainnya yang menggunakan pesawat yang pertama kali diproduksi pada 1976 ini. Hingga kini F-16 merupakan proyek pesawat tempur Barat yang paling besar dan signifikan, dengan sekitar 4.000 unit.

    Pesawat yang dikembangkan General Dynamics ini, sejak awal dirancang sebagai pesawat tempur ringan, dan akhirnya berevolusi menjadi pesawat tempur multi-peran yang sangat populer. Kemampuan F-16 untuk bisa dipakai untuk segala macam misi inilah yang membuatnya sangat sukses di pasar ekspor.

    F-16 dikenal memiliki kemampuan tempur di udara yang sangat baik, dengan inovasi seperti tutup kokpit tanpa bingkai yang memperjelas penglihatan, gagang pengendali samping untuk memudahkan kontrol pada kecepatan tinggi, dan kursi kokpit yang dirancang untuk mengurangi efek g-force pada pilot. Pesawat ini juga merupakan pesawat tempur pertama yang dibuat untu menahan belokan pada percepatan 9g.

    Pesawat yang akan dihibahkan kepada TNI AU adalah pesawat Fighting Faclon varian F-16 A/B. Pesawat jenis ini dibeli oleh Angkatan Udara AS 674 pada Maret 1985. Jenis pesawat ini dilengkapi Westinghouse AN/APG-66 Pulse-doppler radar, Pratt & Whitney F100-PW-200 turbofan, dengan 14.670 lbf (64.9 kN), 23.830 lbf (106,0 kN) dengan afterburner.

    Saat ini, Amerika Serikat hanya memproduksi pesawat ini hanya untuk ekspor, namun tidak untuk angkatan udaranya sendiri. Amerika sendiri saat ini telah beralih mengembangkan pesawat Locked Martin F-22 Raptor.

    Wajar jika banyak orang yang meragukan sikap Kementerian Pertahanan menerima hibah pesawat F-16 itu. Secara teknologi, F-16 sudah ditinggalkan oleh Amerika sebagai negara produsen pesawat tersebut. F-16 juga dianggap sudah tertinggal dengan pesawat jet stealth Chengdu J-20 Black Eagle buatan Cina dan Shukoi T-50 PAK FA buatan Rusia.

    Sumber: INILAH

    Berita Terkait:

    0 komentar:

    Post a Comment

     
    Copyright © 2010 - All right reserved | Template design by ADMIN | Published by MAJU INDONESIA KU
    Proudly powered by Blogger.com | Best view on mozilla, internet explore, google crome and opera.