ALUTSISTA ARDAVA BERITA HANKAM CAKRA 401 SUBMARINE DEFENSE STUDIES INDO-DEFENSE INDONESIA DEFENSE INDONESIA TEKNOLOGI RINDAM V BRAWIJAYA THE INDO MILITER
Formil MIK Formil Kaskus Formil Detik.COM
PT.DI LAPAN LEN NUKLIR PAL PINDAD RADAR RANPUR ROKET RUDAL SATELIT SENJATA TANK/MBT UAV
TNI AD TNI AL TNI AU
HELIKOPTER KAPAL ANGKUT KAPAL INDUK KAPAL LATIH KAPAL PATROLI KAPAL PERANG KAPAL PERUSAK KAPAL SELAM PESAWAT TEMPUR PESAWAT ANGKUT PESAWAT BOMBER PESAWAT LATIH PESAWAT PATROLI PESAWAT TANKER
KOPASSUS PASUKAN PERDAMAIAN PERBATASAN
  • PERTAHANAN
  • POLRI POLISI MILITER
  • PBB
  • NATO BIN DMC TERORIS
    AMERIKA LATIN AMERIKA UTARA BRASIL USA VENEZUELA
    AFGANISTAN ETHIOPIA IRAN ISRAEL KAZAKHTAN KYRGYZTAN LEBANON LIBYA MESIR OMAN PALESTINA TIMUR TENGAH YAMAN
    ASEAN AUSTRALIA Bangladesh BRUNAI CHINA INDIA INDONESIA JEPANG KAMBOJA KORSEL KORUT
    MALAYSIA Selandia Baru PAKISTAN PAPUA NUGINI Filipina SINGAPURA SRI LANGKA TAIWAN TIMOR LESTE
    BELANDA BULGARIA INGGRIS ITALIA JERMAN ROMANIA RUSIA UKRAINA
    MIK News empty empty R.1 empty R.2 empty R.3 empty R.4

    Saturday, September 4, 2010 | 9:28 PM | 0 Comments

    Global Insider: Indonesia-Korea Selatan Kerjasama Proyek K-FX

    Proyek KFX

    Korea Selatan dan Indonesia bersama-sama akan mengembangkan generasi 4,5 tempur, menurut sebuah nota kesepahaman ditandatangani pada bulan lalu. Dalam wawancara e-mail, Stephanie Neuman, seorang profesor di Columbia University's School of International and Public Affairs dan seorang sarjana peneliti senior Institute Saltzman Perang dan Studi Perdamaian, membahas keuntungan dan kendala proyek Indonesia-Korea Selatan tempur bersama .

    WPR: Apa sejarah dalam pembuatan proyek K-FX?

    Stephanie Neuman: Awal tahun 1980, pengembangan industri pertahanan dalam negeri didorong oleh pemerintah Indonesia dan awal 1990-an berbagai perusahaan dalam negeri mampu memproduksi pesawat ringan, helikopter, pesawat transportasi, kapal pendarat, kapal patroli, amunisi dan senjata api. Pada akhir 1990-an, namun krisis ekonomi 1997-1998 dan embargo oleh Amerika Serikat atas pelanggaran hak asasi manusia telah sangat terpengaruh industri pertahanan Indonesia.

    Proyek KF-X, sehingga dipandang oleh pemerintah Indonesia dan komunitas pertahanan sebagai cara untuk merevitalisasi industri pertahanan, khususnya industri pesawat militernya. Dari perspektif Indonesia, program pembangunan bersama menawarkan akses Indonesia untuk teknologi jet tempur canggih, pengetahuan tentang teknik produksi yang maju, dan kemungkinan perakitan dan produksi lokal. Ini juga menawarkan janji menambahkan jet tempur canggih untuk persediaan angkatan udara Indonesia.

    Untuk Korea Selatan proposal KF-X saat ini merupakan kerjasama teknologi. Rencana KF-X aslinya untuk pengembangan jet 4,5G menuju generasi 5, pesawat Stealth ini untuk menggantikan pesawat tempur F-4 dan F-5 Korea Selatan yang sudah menua. penelitian pemerintah Korea Selatan, bagaimanapun, memunculkan pertanyaan serius mengenai kelayakan ekonomi dan teknologi program ini, memaksa militer Korea Selatan untuk mengurangi harapannya mereka dan kembali fokus program. Menurut laporan media, KF-X yang diusulkan sekarang akan menjadi pesawat generasi 4,5 yang mempunyai kemampuan diatas F-16 Blok 50.

    WPR: Apakah ini mencerminkan kerjasama yang lebih luas militer bilateral antara kedua negara?

    Neuman: Korea Selatan telah menjadi mitra dagang utama Indonesia, terutama di sektor pertahanan. Korea Selatan telah membeli MPA dari Indonesia,dan pada gilirannya telah menjual pesawat militer lainnya ke Indonesia. Baru-baru ini, kedua negara menandatangani perjanjian untuk bersama-sama mengembangkan teknologi kedirgantaraan militer dan mereka dilaporkan telah menandatangani kontrak untuk penjualan pesawat patroli maritim Indonesia untuk penjaga pantai Korea Selatan. Perdagangan antara kedua negara didorong oleh sanksi AS-Uni Eropa yang dikenakan pada Indonesia pada tahun 1999. Akibatnya, Indonesia berbalik ke Cina, Rusia, dan Korea Selatan untuk peralatan militer.

    WPR: Bagaimana kondisi industri pesawat militer dalam negeri Indonesia dan Korea Selatan saat ini dan bagaimana proyek ini akan berdampak pula mereka?

    Neuman: pertanyaan serius tentang teknologi dan keuangan tetap harus dijawab karena proyek KFX belum jelas apa dampak terhadap industri dalam negeri Indonesia atau Korea Selatan atau bahkan apakah proyek KF-X akan terus maju.

    Pertanyaan pertama menyangkut baik kemampuan Korea Selatan dan Indonesia untuk memproduksi pesawat tempur canggih riskan. Sumber menunjukkan bahwa kontraktor utama, Korea Selatan Aerospace Industry (KAI), hanya memiliki sekitar dua-pertiga dari kemampuan teknologi untuk memproduksi KF-X yang diusulkan. Mengingat sejarah produksi masa lalu, pertanyaannya adalah apakah Korea Selatan memiliki industri dalam negeri / kemampuan teknologi untuk menghasilkan sebuah jet tempur maju dan bagaimana menggunakan komponen "lokal" benar-benar bisa terwujud?

    Pertanyaan lain yang belum terjawab adalah adanya proyek ini bisa menghasilkan keuntungan ekonomi dalam jangka panjang. Apa prospek penjualan KF-X setelah dikembangkan? Untuk membuat pesawat terjangkau baik di Indonesia dan ekspor Korea Selatan akan dibutuhkan untuk mencapai skala ekonomis. Tapi sampai saat ini, KAI telah tidak begitu berhasil sebagai eksportir dibidang kedirgantaraan. KAI hanya ekspor pesawat latih KT-1 ke Indonesia dan Turki dan telah mampu menjual T-50 di luar negeri, dimana desain dari KF-X diambil dari T-50 GE.

    Sumber: WPR/MIK

    Berita Terkait:

    0 komentar:

    Post a Comment

     
    Copyright © 2010 - All right reserved | Template design by ADMIN | Published by MAJU INDONESIA KU
    Proudly powered by Blogger.com | Best view on mozilla, internet explore, google crome and opera.