ALUTSISTA ARDAVA BERITA HANKAM CAKRA 401 SUBMARINE DEFENSE STUDIES INDO-DEFENSE INDONESIA DEFENSE INDONESIA TEKNOLOGI RINDAM V BRAWIJAYA THE INDO MILITER
Formil MIK Formil Kaskus Formil Detik.COM
PT.DI LAPAN LEN NUKLIR PAL PINDAD RADAR RANPUR ROKET RUDAL SATELIT SENJATA TANK/MBT UAV
TNI AD TNI AL TNI AU
HELIKOPTER KAPAL ANGKUT KAPAL INDUK KAPAL LATIH KAPAL PATROLI KAPAL PERANG KAPAL PERUSAK KAPAL SELAM PESAWAT TEMPUR PESAWAT ANGKUT PESAWAT BOMBER PESAWAT LATIH PESAWAT PATROLI PESAWAT TANKER
KOPASSUS PASUKAN PERDAMAIAN PERBATASAN
  • PERTAHANAN
  • POLRI POLISI MILITER
  • PBB
  • NATO BIN DMC TERORIS
    AMERIKA LATIN AMERIKA UTARA BRASIL USA VENEZUELA
    AFGANISTAN ETHIOPIA IRAN ISRAEL KAZAKHTAN KYRGYZTAN LEBANON LIBYA MESIR OMAN PALESTINA TIMUR TENGAH YAMAN
    ASEAN AUSTRALIA Bangladesh BRUNAI CHINA INDIA INDONESIA JEPANG KAMBOJA KORSEL KORUT
    MALAYSIA Selandia Baru PAKISTAN PAPUA NUGINI Filipina SINGAPURA SRI LANGKA TAIWAN TIMOR LESTE
    BELANDA BULGARIA INGGRIS ITALIA JERMAN ROMANIA RUSIA UKRAINA
    MIK News empty empty R.1 empty R.2 empty R.3 empty R.4

    Thursday, September 2, 2010 | 10:06 AM | 0 Comments

    65 Tahun PD II Serangan Rusia Dorong Jepang Menyerah

    illustrasi

    KOMPAS.com - Perang Dunia II diyakini berakhir setelah Amerika Serikat mengebom Hiroshima dan Nagasaki pada tanggal 6-9 Agustus 1945. Di balik arus besar sejarah yang didominasi Amerika Serikat, peran Rusia (ketika itu Uni Soviet) menyerang Jepang di Manchuria hingga Pulau Sakhalin nyaris dilupakan dalam sejarah Perang Dunia II.

    ”Uni Soviet mengirim pasukan untuk menyerang bagian terkuat militer Jepang, yakni Pasukan Kwangtung yang berada di Manchuria,” kata Duta Besar Federasi Rusia Alexander Ivanov dalam seminar ”Makna Sejarah Penyelesaian Perang Dunia Kedua di Asia-Pasifik”, Selasa (31/8) di Jakarta.

    Serangan Rusia pada tanggal 9 Agustus itu menindaklanjuti Konferensi Yalta di Semenanjung Krimea antara Perdana Menteri Inggris Winston Churchill, Presiden Amerika Serikat Franklin Delano Roosevelt dan pemimpin Uni Soviet Joseph Stalin (Iosiv Vissarionovitch Dougashvilli).

    Serangan Rusia membuat Kaisar Jepang Hirohito langsung meminta pertimbangan untuk menyerah dan mengakhiri perang. Akhirnya, perang pun berakhir tanggal 2 September 1945 dengan ditandatanganinya penyerahan tanpa syarat di atas kapal perang (battle ship) USS Missouri di Teluk Tokyo.

    Direktur Pusat Kebudayaan Rusia Yuri N Zozulya menjelaskan, pasukan Rusia yang dikirim menggempur pasukan Jepang baru saja memenangi perang atas Nazi Jerman di mandala Eropa. ”Pasukan Kwangtung milik Jepang terdiri dari 25 divisi berkekuatan satu juta prajurit, 1.200 kendaraan lapis baja, dan 1.800 pesawat terbang. Kekuatan Soviet sebanyak 1,5 juta prajurit, 3.700 kendaraan lapis baja, dan 3.750 pesawat terbang,” kata Yuri.

    Serangan Soviet ke Manchuria, Kepulauan Kuril, dan Sakhalin (Jepang menyebutnya Karafuto) berlangsung selama 25 hari. Pasukan Soviet menemukan laboratorium senjata biologi tempat militer Jepang mengembangkan kuman dan bakteri untuk perang di Manchuria.

    Awal Perang Pasifik
    Fakta lain yang terlupakan mengenai Perang Pasifik adalah pertempuran Jepang-Soviet tahun 1939 di Khalkhin Goal. Ketika itu, Tentara Merah menghajar Jepang yang berambisi mengembangkan kekuasaan ke arah Siberia-Mongolia selepas mencaplok wilayah Manchuria (kini disebut China sebagai wilayah Dong Bei).

    Setelah bertempur sejak 11 Mei 1939 dan berakhir dengan gencatan senjata 15 September 1939, tentara Jepang (Rikugun) yang berintikan pasukan Kwangtung yang terkenal akhirnya menyerah terhadap pasukan Soviet-Mongolia.

    Jepang menderita korban 50.000 tentara dengan 8.400 prajurit tewas. Pasukan Soviet menderita 23.499 orang terluka dan 8.248 terbunuh. Komandan Soviet, Giorgi Zhukov, dipromosikan menjadi jenderal dan akhirnya menjadi salah satu pahlawan Soviet saat mengalahkan Nazi Jerman dalam Perang Dunia II.

    Kekalahan Jepang di Kalkhin Goal membuat Angkatan Laut Jepang (Kaigun) bermanuver dan meyakinkan pemerintah untuk mengembangkan ekspansi ke Asia Tenggara, yang akhirnya memicu Perang Pasifik dengan serangan ke Pearl Harbour tanggal 8 Desember 1941.

    Fakta peran penting Soviet pada tahun 1939 di Kalkhin Goal dan serangan pada akhir perang di Manchuria, Kuril, dan Sakhalin pada tahun 1945 nyaris terlupakan begitu saja.

    Sumber: KOMPAS

    Berita Terkait:

    0 komentar:

    Post a Comment

     
    Copyright © 2010 - All right reserved | Template design by ADMIN | Published by MAJU INDONESIA KU
    Proudly powered by Blogger.com | Best view on mozilla, internet explore, google crome and opera.