ALUTSISTA ARDAVA BERITA HANKAM CAKRA 401 SUBMARINE DEFENSE STUDIES INDO-DEFENSE INDONESIA DEFENSE INDONESIA TEKNOLOGI RINDAM V BRAWIJAYA THE INDO MILITER
Formil MIK Formil Kaskus Formil Detik.COM
PT.DI LAPAN LEN NUKLIR PAL PINDAD RADAR RANPUR ROKET RUDAL SATELIT SENJATA TANK/MBT UAV
TNI AD TNI AL TNI AU
HELIKOPTER KAPAL ANGKUT KAPAL INDUK KAPAL LATIH KAPAL PATROLI KAPAL PERANG KAPAL PERUSAK KAPAL SELAM PESAWAT TEMPUR PESAWAT ANGKUT PESAWAT BOMBER PESAWAT LATIH PESAWAT PATROLI PESAWAT TANKER
KOPASSUS PASUKAN PERDAMAIAN PERBATASAN
  • PERTAHANAN
  • POLRI POLISI MILITER
  • PBB
  • NATO BIN DMC TERORIS
    AMERIKA LATIN AMERIKA UTARA BRASIL USA VENEZUELA
    AFGANISTAN ETHIOPIA IRAN ISRAEL KAZAKHTAN KYRGYZTAN LEBANON LIBYA MESIR OMAN PALESTINA TIMUR TENGAH YAMAN
    ASEAN AUSTRALIA Bangladesh BRUNAI CHINA INDIA INDONESIA JEPANG KAMBOJA KORSEL KORUT
    MALAYSIA Selandia Baru PAKISTAN PAPUA NUGINI Filipina SINGAPURA SRI LANGKA TAIWAN TIMOR LESTE
    BELANDA BULGARIA INGGRIS ITALIA JERMAN ROMANIA RUSIA UKRAINA
    MIK News empty empty R.1 empty R.2 empty R.3 empty R.4

    Sunday, August 29, 2010 | 8:37 PM | 0 Comments

    Akhir 2010 Morotai Ditetapkan Jadi KEK

    Pantai Pulai Morotai

    Jakarta (ANTARA News) - Bupati Morotai Sukemi Sahab mengemukakan, Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara (Malut) pada akhir 2010 rencananya akan ditetapkan oleh pemerintah pusat menjadi kawasan ekonomi khusus (KEK).

    "Insya Allah, dengan segala perjuangan yang telah kita lakukan dengan bantuan pemerintah pusat dan DPR serta semua pihak terkait, Kabupaten Pulau Morotai bisa menjadi KEK," katanya usai bersama Sekda Rusli Sibua menerima tim gabungan dari Kementerian Riset dan Teknologi (KRT) dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) di Jakarta, Minggu.

    Tim gabungan itu, yang terdiri atas Asisten Deputi Pendayagunaan Iptek Masyarakat KRT Momon Sadiyatmo, MT, Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Lapan Taufik Maulana, MBA dan Kabid Pemetaan Iptek Masyarakat Syahrial memaparkan sejumlah program yang bisa dikembangkan di Morotai di antaranya penerapan desa mandiri energi.

    Menurut Sukemi Sahab, perjuangan Kabupaten Pulau Morotai agar dapat ditetapkan pemerintah pusat sebagai KEK, tidak lain adalah upaya untuk memaksimalkan pengelolaan sumberdaya kelautan di daerah itu yang potensi ekonominya sangat besar.

    Selain itu, sebagai kabupaten baru pemekaran --dari kabupaten sebelumnya Halmahera Utara-- Morotai ingin segera mengoptimalkan sumberdaya yang ada dengan bantuan pemerintah pusat, di antaranya melalui penetapan KEK itu.

    Tentu saja, kata dia, untuk menjadi KEK dibutuhkan kerja keras semua pihak, dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulau Morotai mengharapkan adanya "sharing" dengan Pemerintah Provinsi Malut, dan juga yang paling dominan adalah bantuan pemerintah pusat.

    "Diharapkan KEK nanti bisa segera memacu pembangunan, yang pada gilirannya bisa mensejahterakan masyarakat," katanya.

    Sukemi Sahab menyampaikan sejumlah potensi Morotai yang layak sebagai dasar daerah itu dapat segera ditetapkan menjadi KEK.

    Visi yang disampaikan Sukemi Sahab adalah "KEK Morotai Berbasis Geostrategis: Memanfaatkan Potensi Kelautan (Tuna), Pariwisata, Alur Laut Kepulauan Indonesia (AKLI) dan Industri Maritim", yakni memanfaatkan potensi sumberdaya alam dan potensi geostrategis negara di sekitar Pasifik, karena posisi Morotai yang berada di bibir Pasifik.

    Sumber: ANTARA

    Berita Terkait:

    0 komentar:

    Post a Comment

     
    Copyright © 2010 - All right reserved | Template design by ADMIN | Published by MAJU INDONESIA KU
    Proudly powered by Blogger.com | Best view on mozilla, internet explore, google crome and opera.